REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Bank bjb mendorong peningkatan inklusi keuangan di Indonesia melalui keikutsertaannya dalam rangkaian kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2025 yang diselenggarakan di dua kota besar, yakni Bandung dan Surabaya.
Partisipasi aktif bank bjb dalam agenda nasional ini menegaskan perannya sebagai salah satu lembaga keuangan yang berkontribusi nyata terhadap literasi dan akses keuangan masyarakat.
Tidak ada kode iklan yang tersedia.
Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan BIK 2025 di Jawa Barat, bank bjb bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Barat, dan anggota Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Jawa Barat bersinergi menyukseskan pelaksanaan Pasar Keuangan Rakyat Jawa Barat, dengan mengusung tema “Inklusi Keuangan untuk Semua, Rakyat Sejahtera, Indonesia Maju.” Kegiatan ini digelar di kawasan Jalan DR. Ir. Sukarno (Asia Afrika) – Braga, Kota Bandung, pada 24-25 Oktober 2025.
Pada BIK 2025, bank bjb juga menerima penghargaan dari OJK sebagai PUJK Teraktif Dalam Rangkaian Kegiatan Bulan Inklusi Keuangan Jawa Barat Tahun 2025 , yang diterima Nunung Suhartini, Direktur Konsumer dan Ritel bank bjb.
BIK 2025 memiliki peran strategis sebagai langkah nyata untuk memperluas akses masyarakat terhadap produk dan layanan keuangan formal.
Inklusi keuangan menjadi pondasi penting mendorong pemerataan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, mendukung daya saing ekonomi daerah, meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap produk dan layanan jasa keuangan serta mendorong pembukaan rekening baru.
Dalam Pasar Keuangan Rakyat Jawa Barat tersebut, bank bjb hadir dengan semangat inklusi yang berpihak pada masyarakat.
Melalui booth pameran dan partisipasi mitra binaan UMKM, bank bjb memperkenalkan produk, layanan dan inovasi digital yang dirancang memberikan kemudahan akses dan literasi keuangan kepada publik.
Selain itu kegiatan ini melibatkan berbagai pelaku industri keuangan. Kolaborasi lintas sektor ini menjadi bukti nyata sinergi dalam memperluas jangkauan literasi keuangan hingga ke tingkat masyarakat akar rumput.
Pasar Keuangan Rakyat tidak hanya berfokus pada pameran produk, juga menghadirkan berbagai kegiatan edukatif bagi masyarakat umum dan pelaku usaha.
Peserta mendapatkan pemahaman lebih baik mengenai manfaat penggunaan produk dan layanan keuangan yang bijak dan produkti melalui edukasi langsung dan simulasi layanan keuangan.
Sebagai lembaga keuangan yang tumbuh bersama masyarakat Jawa Barat, bank bjb terus mendukung program literasi dan edukasi keuangan dengan menghadirkan berbagai produk unggulan, mulai dari tabungan, kredit mikro, hingga layanan digital banking yang mempermudah transaksi dan akses keuangan masyarakat di berbagai daerah.
Partisipasi aktif bank bjb di Bandung juga menjadi bagian dari upaya mendukung pencapaian target inklusi keuangan nasional sebesar 91 persen pada tahun 2025.
Melalui berbagai inisiatif, bank bjb berkomitmen memperluas jangkauan layanan keuangan agar semakin banyak masyarakat yang memiliki akses terhadap produk keuangan yang aman, terjangkau, dan sesuai kebutuhan.
Selain di Bandung, bank bjb ikut dalam pelaksanaan di Surabaya pada 23-26 Oktober 2025. Kegiatan ini puncak BIK secara nasional yang diinisiasi OJK bersama seluruh Lembaga Jasa Keuangan (LJK) dan pemangku kepentingan di seluruh Indonesia.
FinExpo 2025 diselenggarakan di Mall Tunjungan Plaza, Surabaya, dan menghadirkan berbagai booth pameran dari industri jasa keuangan, seperti perbankan, asuransi, pasar modal, lembaga pembiayaan, dana pensiun, pegadaian, fintech, dan e-commerce.
Selain itu, para pelaku UMKM juga turut meramaikan acara ini sebagai bagian dari ekosistem ekonomi produktif.
Dalam ajang ini, bank bjb membuka booth yang menarik perhatian pengunjung dengan beragam aktivitas promosi dan program aktivasi produk. Berbagai penawaran menarik dan gimmick disiapkan bagi masyarakat yang melakukan pembukaan rekening atau aktivasi produk digital selama acara berlangsung.
Melalui keikutsertaan di FinExpo 2025, bank bjb memperkuat pesan bahwa edukasi keuangan merupakan pondasi penting dalam membangun kesejahteraan finansial yang berkelanjutan.
Dengan memperkenalkan berbagai solusi keuangan inovatif, bank bjb berupaya mendekatkan diri kepada masyarakat, khususnya generasi muda, agar semakin sadar akan pentingnya perencanaan keuangan sejak dini.
Selain memfasilitasi literasi keuangan, FinExpo menjadi momentum penting bagi bank bjb memperluas jaringan nasabah dan memperkenalkan layanan digital banking unggulan seperti bjb DIGI dan bjb DIGI Cash, yang memungkinkan transaksi keuangan dilakukan lebih mudah, cepat, dan aman di mana pun dan kapan pun.
Bank bjb percaya kolaborasi antara pemerintah, regulator, dan pelaku industri jasa keuangan akan mempercepat terwujudnya sistem keuangan yang inklusif, adil, dan berkelanjutan.
Melalui peran aktif di setiap agenda BIK, bank bjb terus berkontribusi dalam membangun literasi finansial masyarakat dan mendorong peningkatan kesejahteraan ekonomi daerah.
Program-program edukatif yang digelar bank bjb selama FinExpo juga dirancang untuk menumbuhkan budaya menabung dan memanfaatkan produk keuangan secara cerdas. Edukasi yang berkelanjutan menjadi faktor penting agar masyarakat mampu mengelola keuangan dengan lebih baik serta terhindar dari risiko keuangan yang tidak sehat.
Bank bjb menegaskan, inklusi keuangan bukan hanya tentang kepemilikan rekening, tetapi juga pemahaman menyeluruh terhadap bagaimana memanfaatkan layanan keuangan untuk meningkatkan kualitas hidup.
Melalui partisipasi aktif di Bandung dan Surabaya, bank bjb menunjukkan konsistensi dan keseriusan dalam mendukung agenda nasional Bulan Inklusi Keuangan.
Kehadiran bank bjb di dua kota besar tersebut menjadi wujud nyata kontribusi bank bjb dalam memperluas akses keuangan yang berkelanjutan dan berkeadilan bagi seluruh lapisan masyarakat.