Ahad 16 Dec 2018 20:46 WIB

Libur Nataru, Penumpang KA Cirebon Diprediksi Naik 5 Persen

Daop 3 Cirebon menyiapkan KA tambahan.

Rep: lilis sri handayani/ Red: Israr Itah
Ilustrasi kereta api
Foto: ANTARA FOTO
Ilustrasi kereta api

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Selama masa angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru (Nataru) 2019, volume penumpang kereta api (KA) di wilayah Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon diprediksi naik. Daop 3 Cirebon menyiapkan KA tambahan.

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Krisbiyantoro, menjelaskan, volume penumpang KA keberangkatan di wilayah Daop 3 Cirebon pada masa angkutan Nataru tahun lalu mencapai 109.459 orang. Pada masa angkutan Nataru tahun ini, volume penumpang diperkirakan meningkat menjadi 115.110 orang.

"Naik sekitar lima persen,"’ kata Krisbiyantoro, Sabtu (15/12).

Untuk melayani para penumpang itu, Daop 3 Cirebon mengoperasikan beberapa KA reguler dan KA tambahan sebanyak 5.766 tempat duduk (TD). KA tersebut akan menuju Jakarta atau kota-kota besar lain di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk tiket KA angkutan Nataru, saat ini sudah dapat dibeli dan masih tersedia banyak kuota. PT KAI menetapkan masa posko angkutan Nataru selama 18 hari, sejak 20 Desember 2018 sampai 6 Januari 2019.

"Bagi masyarakat yang ingin menggunakan KA untuk perjalanan liburan Nataru, segera pesan tiket di seluruh channel resmi penjualan tiket KAI. Jangan sampai gagal liburan gara-gara kehabisan tiket," tegas Krisbiyantoro.

Krisbiyantoro menambahkan, dari aspek sarana, PT KAI Daop 3 Cirebon menyiapkan 16 unit lokomotif, 91 armada kereta, serta satu unit crane. Selain itu, untuk memberi rasa aman bagi para penumpang, pihaknya juga menyiapkan 352 personel keamanan.

Terpisah, Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy menyatakan, menghadapi libur Nataru, pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas. Selain itu, disiagakan pula sekitar 800 personel untuk pengamanan yang akan disebar ke berbagai lokasi di wilayah hukum Polres Cirebon Kota.

"Mengingat pada masa ini merupakan musim libur, dipastikan jalanan di wilayah hukum Polres Cirebon Kota padat. Maka, akan kami berlakukan rekayasa lalu lintas," tandas Roland. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement