Selasa 27 Nov 2018 23:48 WIB

Menperin: Industrialisasi Membawa Efek Berantai

Indonesia siap memasuki revolusi industri 4.0 melalui peta jalan making Indonesia

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (kedua kanan) mencoba Honda PCX Electric disaksikan Presiden Direktur PT Astra Honda Motor Toshiyuki Inuma (keempat kanan), Marketing Director Thomas Wijaya (ketiga kanan) dan Ketua Umum Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia Johannes Loman (kanan), di stan Honda pada pembukaan Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 di Jakarta, Kamis (31/10/2018).
Foto: Antara/Audy Alwi
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (kedua kanan) mencoba Honda PCX Electric disaksikan Presiden Direktur PT Astra Honda Motor Toshiyuki Inuma (keempat kanan), Marketing Director Thomas Wijaya (ketiga kanan) dan Ketua Umum Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia Johannes Loman (kanan), di stan Honda pada pembukaan Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 di Jakarta, Kamis (31/10/2018).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan aktivitas industrialisasi konsisten membawa efek berantai yang positif bagi perekonomian nasional. Efek itu seperti meningkatkan nilai tambah, memacu penyerapan tenaga kerja dan penerimaan negara dari ekspor.  

"Tidak ada satu negara maju di dunia yang tanpa melalui proses industrialisasi," kata Airlangga lewat keterangannya di Jakarta, Selasa (27/11). 

Menperin menyebutkan data United Nations Industrial Development Organization (UNIDO), Indonesia menempati peringkat ke-4 dunia dari 15 negara yang kontribusi industri manufakturnya terhadap produk domestik bruto (PDB) di atas 10 persen.  

"Kita sering mendengar industrialisasi itu karena kontribusi ke PDB harus di atas 30 persen. Kalau kita melihat data UNIDO, ekonomi negara di dunia yang di atas 30 persen itu tidak ada," ungkapnya. 

Berdasarkan laporan UNIDO, di negara industri, rata-rata sektor manufakturnya menyetor ke PDB hanya mencapai 17 persen. Sementara Indonesia mampu menyumbang hingga 22 persen, di bawah Korea Selatan (29 persen), China (27 persen) dan Jerman (23 persen). 

Namun, Indonesia melampaui perolehan Meksiko (19 persen) dan Jepang (19 persen). Sedangkan, negara-negara dengan kontribusi sektor industrinya di bawah rata-rata 17 persen, antara lain India, Italia, Spanyol, Amerika Srikat, Rusia, Brasil, Perancis, Kanada dan Inggris. 

UNIDO juga mengemukakan, Indonesia termasuk dari empat negara Asia yang memiliki nilai tambah sektor manufakturnya tertinggi di dunia.  

"Jadi, kita bersama China, Jepang, dan India," imbuh Airlangga.  

Nilai tambah industri nasional meningkat hingga 34 miliar dolar AS, dari tahun 2014 yang mencapai 202,82 miliar dolar AS dan saat ini menjadi 236,69 miliar dolar AS. 

Menperin menjelaskan, dalam upaya menggenjot industrialisasi, pihaknya memfasilitasi pembangunan kawasan industri terutama di luar Jawa.  Langkah ini juga mendorong terwujudnya Indonesia sentris, yakni pemerataan pembangunan dan ekonomi di seluruh wilayah Indonesia. 

"Seperti kawasan industri di Sei Mangkei, saat ini sudah ada industrinya dan akan dikembangkan menjadi pusat pertumbuhan industri hilir berbasis aluminium. Kemudian, kawasan industri di Dumai untuk hilirisasi CPO, serta di Morowali yang sekarang telah mampu memproduksi stainless steel dan produk turunannya," paparnya. 

Airlangga menambahkan di tengah era revolusi industri 4.0, Indonesia sudah siap memasuki melalui implementasi peta jalan Making Indonesia.  Ini sebagai strategi dan arah yang jelas dalam meningkatkan daya saing industri nasional di kancah global. Aspirasi besarnya adalah menjadikan Indonesia masuk dalam 10 negara yang memiliki perekonomian terkuat di dunia pada tahun 2030. 

¿Target itu bisa tercapai, dengan didorong peningkatan produktivitas dua kali dan anggaran untuk riset sebesar dua persen,¿ ujarnya.

Selain itu, guna mendongkrak daya saing, Kementerian Perindustrian juga mendukung penerapan kebijakan substitusi impor dan pendalaman struktur industri. 

Bahkan, Menperin memastikan, perkembangan era digital saat ini membuka peluang bagi industri kecil dan menengah (IKM). Misalnya, keberadaan e-commerce tidak akan menggeser pasar tradisional, justru keduanya saling melengkapi.  

¿Menurut saya, terjadi new opportunity. Antara online dan offline saling mengisi, bukan membunuh," ucapnya. 

Airlangga mencontohkan seorang pedagang lemper di Bogor mampu meningkatkan pendapatan setelah mengembangkan bisnisnya ke pasar digital.  

¿Seorang ibu di Bogor, jualan lemper biasanya 100 per hari yang dibuat sendiri. Namun, dengan terus promosi di sosmed, dia saat ini mampu membuat 1000 lemper sehari. Kami melihat, rata-rata IKM yang berjualan di e-commerce, pendapatannya bisa mencapai Rp50 juta setahun,¿ sebutnya

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement