Senin 01 Oct 2018 08:49 WIB

Pengguna BBM Berkualitas tak Kembali ke BBM Oktan Rendah

Kecil Kemungkinan, Pengguna BBM Berkualitas Kembali Pakai BBM Oktan Rendah

Depo BBM Pertamina
Depo BBM Pertamina

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar manajemen Universitas Indonesia Rhenald Kasali menilai, kecil kemungkinan masyarakat yang sudah bermigrasi ke BBM oktan tinggi, akan  kembali memakai BBM oktan rendah. Pasalnya, masyarakat akan memahami mengenai manfaat BBM berkualitas, seperti Pertalite dan seri Pertamax terhadap kendaraannya.

“Saya sependapat, bahwa kecil kemungkinannya,” kata Rhenald di Jakarta, Senin (1/10).

Pernyataan Rhenald sendiri, sangat terkait dengan Program Berkah Energi Pertamina, yang mampu meningkatkan jumlah pengguna produk unggulan Pertamina. Di Maluku misalnya, konsumsi Pertalite meningkat hingga 16%. Sedangkan di Papua, Pertamax melonjak hingga 31%. Bahkan di Maluku Utara, Dexlite meningkat sampai 93%.

Dalam kaitan itulah, Rhenald menyatakan, bahwa program Berkah Energi Pertamina memang sangat efektif membangun perilaku masyarakat. Terutama, mendorong konsumen untuk membeli produk unggulan, seperti bahan bakar minyak (BBM), LPG dan pelumas yang lebih berkualitas.

Efektivitas program tersebut, imbuh Rhenald, karena perilaku yang terbangun akan membuat mereka memahami manfaat produk berkualitas. Dengan demikian, ketika mempergunakan BBM dengan oktan tinggi misalnya, konsumen tersebut bisa merasakan manfaatnya bagi kendaraan yang mereka pergunakan. 

Begitu pula ketika menggunakan LPG 12 Kg atau Bright Gas, masyarakat sadar bahwa memang produk tersebut yang sesuai dengan peruntukan mereka dan tidak menyalahi hak kalangan tidak mampu. “Hanya saja, agar semakin efektif maka harus dibarengi dengan ‘hukuman’.  Misalnya dengan mengurangi pelayanan SPBU di jalur BBM oktan rendah,” kata Rhenald.

Seperti diketahui, Pertamina memang menggelar program Berkah Energi Pertamina. Program tersebut berlaku serentak di seluruh Indonesia, mulai 9 Agustus 2018 hingga 31 Juli 2019. Pengundian hadiah yang bertotal miliaran rupiah tersebut, akan dilaksanakan dalam  tiga tahapan periode. Pengundian tahap pertama pada Desember 2018, tahap kedua pada April 2019, dan tahap ketiga Agustus 2019.

Cara mengkuti program ini, masyarakat harus mengunduh aplikasi My Pertamina melalui Google Play atau App Store dan kemudian melakukan registrasi. Melalui program ini pula, konsumen yang membeli produk unggulan yaitu Pertamax series, Dex series, Pelumas Enduro series dan Fastron series, serta Bright Gas dan Elpiji 12, berkesempatan memperoleh hadiah sangat menarik. Di antaranya paket umroh, Mercedes Benz Cabriolet, Harley Davidson Softail, Kijang Innova Diesel, dan Yamaha N-Max.

sumber : Rilis
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement