Sabtu 25 Aug 2018 06:20 WIB

IMF: Sektor Nonmigas Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Saudi

Belanja pemerintah dan kenaikan harga minyak akan mendukung pertumbuhan ekonomi.

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Friska Yolanda
Ilustrasi kilang minyak
Foto: AP Photo/J David Ake
Ilustrasi kilang minyak

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Utusan Dana Moneter Internasional (IMF) untuk Arab Saudi Tim Callen memproyeksi laju pertumbuhan ekonomi untuk negara kerajaan tersebut pada tahun ini. Dia menekankan, reformasi ekonomi yang dilakukan Arab Saudi akan mendorong pertumbuhan ekonomi. 

Callen menyebut, pertumbuhan dari sektor nonmigas akan terakselerasi pada tahun ini. Dia menjelaskan, estimasi terkait pertumbuhan yang cepat pada ekonomi Arab Saudi didasarkan pada ekspektasi reformasi di berbagai sektor. 

Prediksi itu tidak termasuk dengan dampak pada rencana pelepasan saham perusahaan minyak asal Arab Saudi Aramco. "Belanja pemerintah dan kenaikan harga minyak akan mendukung pertumbuhan ekonomi. Dalam jangka menengah, kami melihat sejumlah reformasi ekonomi dan aturan di Kerajaan akan mulai menimbulkan hasil dan mendukung ekspektasi kami," kata Callen seperti dikutip dari Alarabiya, Jumat (24/8). 

IMF mengestimasi pertumbuhan ekonomi Arab Saudi pada tahun ini akan mencapai 1,9 persen. Hal itu jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu yang justru terjadi kontraksi sebesar 0,9 persen. "Pertumbuhan dari sektor nonmigas mencapai 2,3 persen dan ini sangat penting untuk menciptakan pekerjaan baru serta memperbanyak sumber penerimaan," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement