Rabu 08 Aug 2018 12:06 WIB

FWD Life Luncurkan Asuransi Kesehatan Syariah Terjangkau

Produksi asuransi syariah FWD Life ini dipasarkan melalui jalur distribusi online

Rep: Binti Sholikah/ Red: Nidia Zuraya
Asuransi Kesehatan
Foto: blogspot.com
Asuransi Kesehatan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT FWD Life Indonesia meluncurkan inovasi produk asuransi kesehatan terjangkau dengan manfaat rawat inap lengkap yang diberi nama Asuransi Bebas Handal. Produk asuransi berbasis syariah tersebut dipasarkan melalui jalur distribusi online (e-commerce).

Asuransi Bebas Handal menawarkan manfaat rawat inap termasuk biaya kamar, biaya dokter, obat-obatan, perawatan setelah rawat inap dan biaya tindakan bedah, dengan pilihan kontribusi mulai dari Rp 75 ribu dan pilihan manfaat tahunan Rp 50 juta atau Rp 100 juta.

Dengan diluncurkannya Asuransi Bebas Handal, FWD Life menyasar segmen nasabah baru yang membutuhkan asuransi kesehatan yang lengkap, mudah dan terjangkau.

Direktur Utama FWD Life, Choo Sin Fook mengatakan, salah satu faktor penyebab rendahnya penetrasi asuransi di Indonesia karena masyarakat menggangap produk asuransi itu rumit, sulit dipahami dan mahal. "Fakta tersebut yang memacu kami untuk berinovasi meluncurkan produk yang memberikan manfaat lengkap dengan harga terjangkau bagi segmen nasabah baru," kata Choo melalui siaran pers, Rabu (8/8).

Pada 2018, populasi angkatan kerja mencapai 50 persen dari total penduduk di Indonesia. Hal tersebut diperkuat oleh data dari Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah pekerja pada Februari 2018 sebesar 127,07 juta orang dan 23,8 persen dari total pekerja atau sekitar 30,24 juta orang merupakan pekerja informal paruh waktu yang di dalamnya termasuk para freelancer.

Angka tersebut akan terus meningkat dikarenakan dalam riset yang dilakukan Jora Indonesia, pekerja paruh waktu (freelancer) menjadi lima besar pekerjaan yang paling dicari. Namun jika dibandingkan, pekerja di sektor formal memiliki utilitas asuransi sebesar 40 persen, sedangkan pekerja informal paruh waktu memiliki utilitas asuransi hanya 2 persen.

"Peluncuran Asuransi Bebas Handal diharapkan dapat membantu meningkatkan utilitas asuransi untuk segmen nasabah baru, termasuk salah satunya pekerja informal paruh waktu," ungkap Choo.

Berdasarkan data yang dikumpulkan FWD Life, secara statistik menunjukan 95 persen orang yang menjalani rawat inap mengeluarkan biaya rawat inap maksimal Rp 50 juta setiap tahunnya.

FWD Life ingin meluncurkan sebuah produk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan kesehatan masyarakat Indonesia. FWD melihat nilai Rp 50 juta per tahun cukup untuk memenuhi kebutuhan 95 persen dari orang yang menjalani rawat inap.

Data tersebut menjadi salah satu dasar Asuransi Bebas Handal memberikan pilihan manfaat rawat inap tahunan sebesar Rp 50 juta. "Dengan demikian nasabah tidak perlu membayar premi yang mahal dikarenakan manfaat tahunan telah disesuaikan dengan kebutuhan mereka," jelas Choo.

Chief Product Proposition & Sharia FWD Life Ade Bungsu menjelaskan, FWD Life berkomitmen untuk menghadirkan diferensiasi unik dalam setiap produk yang diluncurkan. Karenanya, kata dia, FWD Life meluncurkan Asuransi Bebas Handal, yakni produk asuransi kesehatan inovatif yang berbasis syariah yang cocok untuk dimiliki oleh masyarakat Indonesia.

"Asuransi Bebas Handal menawarkan tiga kelebihan utama yakni terjangkau, simpel dan lengkap," ucap Ade.

Produk tersebut dikatakan terjangkau karena kontribusi mulai dari Rp 75 ribu per bulan. Sederhana karena mudah dibeli setiap saat secara online (e-commerce).

Kemudian, proses masuk dan keluar Rumah Sakit rekanan tidak ribet, cukup gesek kartu asuransi (cashless) sepanjang biaya kamar sesuai Plan, atau menghubungi hotline untuk memudahkan proses rawat inap. Selain itu, manfaat asuransi tidak hanya biaya kamar, tapi juga biaya dokter, obat-obatan, perawatan setelah rawat inap dan biaya tindakan bedah dengan pilihan manfaat Rp 50 juta atau Rp 100 juta per tahun.

Menurut Ade, proses pembelian Asuransi Bebas Handal dapat dilakukan semudah berbelanja online melalui perangkat mobile. Nasabah bisa mengakses www.fwd.co.id/BebasHandal dan memilih produk, isi data diri dan pertanyaan kesehatan dan terakhir pembayaran. Selanjutnya masyarakat sudah bisa mendapatkan proteksi kesehatan dari Asuransi Bebas Handal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement