Selasa 10 Jul 2018 19:21 WIB

PT SMI Terbitkan Sukuk Tahap I Senilai Rp 1 Triliun

PT SMI juga menerbitkan Green Bond senilai Rp 3 triliun

Rep: binti sholikah/ Red: Dwi Murdaningsih
Sukuk (ilustrasi)
Foto: The middle east magazine online
Sukuk (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau PT SMI menerbitkan surat utang syariah atau sukuk untuk pertama kalinya. Penerbitan sukuk dilakukan bersamaan dengan pembukaan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (10/7).

PT SMI melakukan Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) sukuk senilai Rp 3 triliun, dengan nilai penerbitan sebesar Rp 1 triliun pada Tahap I Tahun 2018 ini.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penerbitan obligasi berwawasan lingkungan atau Green Bond melalui Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) Green Bond senilai Rp 3 triliun dengan nilai emisi sebesar Rp 500 miliar pada Tahap I Tahun 2018 ini.

Direktur Utama PT SMI, Emma Sri Martini mengatakan, instrumen sukuk tersebut terbagi menjadi dua seri yakni Seri A dengan bagi hasil setara 7,55 persen bertenor tiga tahun, serta Seri B dengan bagi hasil setara 7,8 persen bertenor lima tahun.

"Investor syariah bisa dari bank-bank syariah kemudian dana haji," ungkapnya.

Direktur Pembiayaan dan Investasi PT SMI, Edwin Syahruzad, menjelaskan, underlying aset penerbitan sukuk tersebut berupa dua underlying. Masing-masing pembiayaan syariah PT SMI kepada PT PLN (Persero) serta pembiayaan syariah kepada PT Inka Multi Solusi (IMS) yang merupakan anak usaha dari PT Industri Kereta Api (Persero) atau PT Inka.

"Pengunaan dari sukuk kami membiayai pembiayaan syariah berupa sindikasi kepada PT PLN yang oleh PLN digunakan untuk membangun proyek transmisi di Sumatra," terang Edwin.

Edwin menambahkan, proyek kedua berupa pembiayaan kepada PT IMS yang penggunaannya untuk pembangunan gerbong kereta api. Penggunaan gerbong tersebut dijual kepada PT Inka untuk proyek LRT Jabodetabek.

Berdasarkan proyeksi rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP), PT SMI masih punya ruang untuk menerbitkan obligasi senilai Rp 3 triliun sampai Rp 5 triliun sampai akhir tahun. Saat ini, PT SMI memiliki tiga PUB yakni PUB konvensional, PUB Sukuk dan PUB Green Bond. "Kita bisa lagi issue green bond dan sukuk di tahun ini untuk tahap II," ujar Emma.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement