Sabtu 12 May 2018 20:28 WIB

Cita-Cita Sri Mulyani Masa Kecil Bukan Jadi Menteri

Sri Mulyani sempat ingin menjadi guru TK hingga peneliti.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Nur Aini
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati.
Foto: Istimewa
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siapa yang tidak kenal dengan Sri Mulyani? Ia adalah sosok Menteri Keuangan yang terkenal kharismatik. Di balik nama besarnya dalam Kabinet Kerja Presiden Jokowi mantan menteri keuangan di Era SBY, ternyata ia memiliki cita-cita yang sederhana, yaitu menjadi guru Taman Kanak-Kanak (TK).

''Cita-cita saya ingin jadi guru TK. Karena saya suka main dengan anak-anak, saya suka lihat mereka bernyanyi, gembira,'' ungkap Sri Mulyani, dalam acara Youth x Public Figure, di Jakarta, Sabtu (12/5).

Cita-citanya menjadi guru TK lantaran ia sangat menyukai anak kecil. Ibu tiga anak itu gemas melihat bagaimana anak-anak itu takut. Namun, setelah kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, keinginan jadi guru TK berubah menjadi cita-cita berprofesi sebagai dosen dan peneliti.

Padahal, Sri Mulyani yang mengambil jurusan IPA saat SMA itu diterima tanpa tes di IPB. Namun, karena ia melihat kakaknya yang insinyur dan dokter kurang menarik, maka ia mengambil ilmu sosial.''Saya ambil jurusan sosial ekonomi. Bayangan ibu saya, saya akan bekerja di bank tapi saya yakinkan mau jadi dosen dan peneliti,'' ucap Sri Mulyani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement