Rabu 07 Mar 2018 13:10 WIB

Kementerian BUMN Merenovasi Sejumlah Sekolah di Kupang

Ini salah satu bukti bahwa BUMN peduli pendidikan.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Andi Nur Aminah
Menteri BUMN Rini Soemarno
Foto: Republika/ Edi Yusuf
Menteri BUMN Rini Soemarno

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Menteri BUMN Rini M Soemarno mengapresiasi kinerja timnya terkait peningkatan fasilitas pendidikan di wilayah terpencil. Salah satu wilayah yang ia datangi dalam kunjungannya pada Selasa (6/3) adalah Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang.

"Saya apresiasi sinergi BUMN di bidang pendidikan sehingga SD Inpres Bipolo terlihat apik dan nyaman untuk kegiatan belajar dan mengajar. Hal itu berkat sentuhan dari kolaborasi PT Garam dan PT Pertamina. Ini salah satu bukti bahwa BUMN peduli pendidikan," kata dia, dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id

Selain SD Inpres Bipolo, sinergi BUMN di Kupang juga terwujud melalui renovasi sekolah lainnya. Antara lain adalah SD Negeri Taupkole, SMP Negeri 5 Sulamu dan Taman Kanak-kanak (TKK) Maranata.

Sebuah taman bacaan juga didirikan di SD Inpres Bipolo. PT Garam berkolaborasi dengan PT Balai Pustaka menghasilkan taman bacaan untuk siswa-siswi SD tersebut. Pendirian Taman Baca juga merupakan salah satu langkah pemerintah dalam mendorong perbaikan literasi di tanah air.

Rini mengungkapkan, BUMN hadir memberikan dukungan bagi perbaikan infrastruktur pendidikan melalui perbaikan sarana dan prasarana sekolah dalam rangka mendorong perbaikan mutu pendidikan di tanah air khususnya di daerah 3T (tertinggal, terluar dan terdepan) termasuk di Nusa Tenggara Timur.

"Pendidikan menjadi salah satu faktor penting dalam mendukung kemajuan suatu bangsa. BUMN sebagai agen pembangunan dan perpanjangan tangan pemerintah memiliki andil dalam mendukung kemajuan pendidikan di tanah air. Perbaikan sekolah rusak dan pendirian sarana pendukung lainnya merupakan wujud nyata kepedulian BUMN bagi perbaikan pendidikan di Nusa Tenggara Timur," kata Rini mengungkapkan.

Selain di Bipolo, pemberian bantuan renovasi sekolah dan sarana pendukung lainnya juga dilakukan di beberapa sekolah. Antara lain di SD Inpres Labat, SDN Maulafa, SDN Oehendak, SDN Naikoten yang dilakukan oleh PT Angkasa Pura I, renovasi sekolah di SDK Arnoldus oleh PT Bank Negara Indonesia Tbk, renovasi SMPN 13 Kupang oleh Perum Jamkrindo, serta renovasi di SMAN 7 Kupang oleh PT Garuda Indonesia Tbk. Perum Bulog juga turut serta memberikan bantuan renovasi sekolah di PAUD Kharisma Kreatif, Kota Kupang.

"Saya senang karena selain perbaikan sekolah rusak juga ada pendirian Taman Baca, perpustakaan dan laboratorium. Ini sangat membantu siswa-siswi dalam proses belajar. Khusus untuk taman baca, program ini merupakan salah satu program prioritas pemerintah dalam mendorong perbaikan literasi di Tanah Air. Semoga selalu dijaga dan dirawat dengan baik oleh kita semua," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement