Ahad 14 Jan 2018 02:27 WIB

KA Tawang Jaya Premium Tambahan Kembali Beroperasi

Penumpang kereta. (Ilustrasi)
Foto: Republika/Darmawan
Penumpang kereta. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  SEMARANG -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang mengoperasikan kembali Kereta Api (KA) Tawang Jaya Premium Tambahan relasi Semarang Tawang-Pasar Senen Jakarta. "Pengoperasian kembali KA Tawang Jaya Premium Tambahan ini untuk memperlancar mobilitas masyarakat di relasi Semarang-Jakarta PP," kata Kepala Humas PT KAI Daops IV Semarang Suprapto di Semarang, Sabtu (13/1).

Menurut dia, pengoperasian kembali KA Tawang Jaya Premium Tambahan dilakukan mulai 15-21 Januari 2018. Namun jika ternyata mendapatkan animo besar dari masyarakat dimungkinkan untuk diperpanjang.

Ia menyebutkan KA Tawang Jaya Premium Tambahan menggunakan rangkaian KA ekonomi berkapasitas 80 tempat duduk/gerbong yang membawa delapan gerbong penumpang, ditambah satu kereta makan.

"Jadi, total kapasitas KA Tawang Jaya Premium Tambahan ini mampu mengangkut sebanyak 640 penumpang setiap keberangkatan. Sekarang ini, memang masih dalam tahap uji coba," katanya.

Nantinya, kata dia, KAI Semarang akan melakukan evaluasi selama masa pengoperasian KA Tawang Jaya Premium Tambahan itu untuk rekomendasi perjalanan selanjutnya jika hasilnya bagus, yakni dari okupansi penumpang.

Mengenai fasilitas yang ada di KA tersebut, ia mengatakan penumpang akan termanjakan dengan bangku yang lebih luas dan nyaman ketimbang kelas ekonomi, bisa diubah posisi sandarannya, interior yang eksklusif, dan sebagainya.

Sebenarnya, kata dia, pertumbuhan jumlah penumpang KA di wilayah Daops IV Semarang terus menunjukkan tren positif dari tahun ke tahun, tercatat pada 2017 yang menunjukkan jumlah penumpang mencapai 5.808.033 orang.

"Jumlah penumpang sepanjang 2017 sebanyak itu menunjukkan kenaikan 15 persen dibandingkan 2016 yang hanya mencatat angka 5.395.516 orang. Ya, makanya kami operasikan lagi KA tambahan ini," katanya.

Untuk jadwal keberangkatan, Suprapto mengatakan dari Stasiun Tawang Semarang berangkat pukul 20.20 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 03.05 WIB, dan sebaliknya dari Jakarta pukul 06.55 WIB tiba di Semarang pukul 13.35 WIB.

"Ya, selain untuk memperlancar mobilitas masyarakat, kami berharap kehadiran KA ini bisa membantu meningkatkan kunjungan wisatawan ke wilayah Jateng yang sedang menggalakkan promosi wisata 'Jateng Wow 2018'," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement