Rabu 10 Jan 2018 15:25 WIB

Petrochina Ingin Gabung Pertamina di Blok Mahakam

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Lapangan Migas Blok Mahakam.
Foto: IST
Lapangan Migas Blok Mahakam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vice President Supply Chain and Management, Petrochina, Gusminar mengatakan pihak perusahaan besutan asal Cina mengaku tertarik ikut bersama PT Pertamina (Persero) mengoperasikan Blok Mahakam. Gusminar mengatakan, pihak perusahaan sudah melayangkan surat ketertarikan keikutsertaan dalam mengelola Blok Mahakam kepada Pertamina.

Gusminar mengatakan Petrochina tertarik untuk masuk kedalam blok mahakam karena memiliki potensi yang besar. Tak hanya itu, hal ini dilakukan oleh perusahaan untuk bisa meningkatkan investasi antara Indonesia dan Cina.

"Kami sudah submit, tapi memang belum pembahasan. Mereka (Pertamina) masih melakukan rapat internal juga. Kami menunggu keputusan pertamina," ujar Gusminar di Jakarta, Rabu (10/1).

Soal nilai investasi pun, Gusminar mengatakan pihak pemerintah Cina tidak membatasi berapa nilai investasi yang akan dikeluarkan perusahaan. Cina, kata Gusminar malah mendukung investasi seluas luasnya khususnya di wilayah Asia Pasifik.

"kalau dilihat dari inisiatif kita tidak terbatas karena dari pemerintah Cina sndiri kita sudah memberikan lampu hijau sebanyak banyaknya di asia pasifik," ujar Gusminar.

Ia mengatakan pihaknya akan menunggu kepastian dari Pertamina apakah akan menyambut gayung dari perusahaannya tersebut. Ia berharap pertamina bisa memberikan kepastian apakah Petrochina bisa ikut serta dalam pengoperasian blok mahakam tahun ini atau tidak.

"Kami berharapnya segera ya, ya paling tidak tahun ini. Tapi kan pertamina memang masih kordinasi dengan total. Jadi kami tunggu," ujar Gusminar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement