Senin 01 Jan 2018 17:04 WIB

Contraflow Diberlakukan di KM 47 Tol Cikampek Arah Jakarta

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Indira Rezkisari
Pengendara mobil melintasi ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek. (Ilustrasi)
Foto: ANTARA/Risky Andrianto
Pengendara mobil melintasi ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jasa Marga (Persero) (Tbk) memprediksi kepadatan lalu lintas pada arus balik libur Tahun Baru 2018 akan dimulai hari ini (1/1). AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan sore ini sudah diterapkan rekayasa lalu lintas atau contraflow di ruas tol tersebut arah ke Jakarta.

Untuk mencairkan kepadatan, kata dia, Jasa Marga bekerja sama dengan kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas tersebut. "Contraflow kami terapkan dari kilometer (KM) 47 hingga KM 41 arah Jakarta sejak pukul 16.15 WIB," kata Heru, Senin (1/1).

Dia mengatakan, upaya tersebut dilakukan karena volume lalu lintas di Jalan Tol Cikampek arah Jakarta terpantau mulai meningkat. Rekayasa lalu lintas dilakukan menurutnya karena kepadatan tersebut menimbulkan kepadatan di titik tertentu.

"Saat ini, titik kepadatan terpantau menjelang akses keluar dan masuk rest area di Jalan Tol Jakarta Cikampek arah Jakarta yaitu pada rest area kilometer 42," jelas Heru.

Untuk itu, Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dalam berkendara saat keadaan lalu lintas sedang padat dan lowong. Heru meminta pemudik mematuhi rambu-rambu dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement