Sabtu 18 Nov 2017 18:32 WIB

Selama 28 Hari, KRI Dewaruci akan Gelar Ekspedisi Nusantara

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Budi Raharjo
KRI Dewaruci
Foto: Silvy Dian Setiawan
KRI Dewaruci

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Acara joysailing dengan KRI dewaruci yang diadakan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, merupakan acara persiapan untuk kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ). ENJ merupakan ekpedisi yang dilakukan dengan melakukan pelayaran menggunakan KRI Dewaruci, yang diikuti oleh pelajar tingkat sekolah menengah atas yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia.

Tiap provinsi, mengirim dua pelajar terpilih untuk dapat mengikuti program tersebut. Deputy Bidang Sumber Daya Manusia, IPTEK dan Budaya Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim), Safri Burhanuddin, mengatakan, tujuannya program tersebut dilakukan, untuk melakukan pembinaan kepada pelajar dan menumbuhkan rasa nasionalisme dalam diri peserta.

"Dapat rasa nasionalismenya tumbuh. Karena kami tidak lihat mereka dari suku apa, agama apa, kita bangsa indonesia, mereka akan bersatu. Kami harapkan mereka tidak akan lagi dipecahkan," kata Safri kepada Republika dalam acara joysailing bersama KRI Dewaruci, Sabtu (18/11).

Acara ENJ diikuti oleh 68 peserta yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Tiap provinsi mengirimkan dua perwakilan pelajar yang terpilih untuk mengikuti kegiatan tersebut. Karena kamar untuk peserta perempuan terbatas, sehingga, kuota untuk perempuan hanya enam orang, dan selebihnya peserta laki-laki

Para peserta nantinya akan ikut melakukan pelayaran bersama KRI Dewaruci selama 28 hari. Saat pelayaran nanti pun, peserta akan diberikan pembelajaran, di antaranya mendapat pembelajaran mengenai navigasi, ilmu perbintangan, latihan fisik, pelatihan keselamatan, dan pelatihan keamanan, selama berlayar.

Kepala Bidang Pendidikan Maritim, Rofi Alhanif mengatakan, rute pelayaran akan dimulai pada Senin (20/11) dari Dermaga JICT 2, Tanjung Priok. "Peserta berangkat hari Senin tanggal 20. Singgah pertama di Batam, disana mereka turun dua hari. Disana ada program pengenalan budaya dan disana disambut oleh Gubernur Batam. Setelah itu lanjut ke Sabang, lalu lanjut ke Belawan, dan nanti kembali lagi ke Jakarta," kata Rofi di acara joysailing bersama KRI Dewaruci, Sabtu (18/11).

Safri Burhanuddin berharap agar kegiatan tersebut dapat berjalan baik. "Kita harapkan (kegiatan) ini bisa berjalan lebih baik, sehingga tahun depan bisa kita lanjutkan." Selain itu, ia berharap agar kegiatan ENJ tersebut tidak berakhir dan berlanjut terus, guna menumbuhkan jiwa kemaritiman dan mengembalikan Indonesia yang dulunya juga dikenal dengan kemaritimannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement