Kamis 09 Nov 2017 19:46 WIB

Pembiayaan Infrastruktur Bank Syariah Amankan Pertumbuhan

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Gita Amanda
Aktivitas perbankan di Bank Syariah Mandiri
Foto: Yasin Habibi/ Republika
Aktivitas perbankan di Bank Syariah Mandiri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembiayaan ke sektor infrastruktur dinilai sebagai langkah aman untuk mendorong pertumbuhan pembiayaan sekaligus menjaga kualitasnya. Meskipun, hal tersebut berimplikasi pada margin dan pertumbuhan aset.

Dalam paparan Proyeksi Perbankan Syariah 2018 oleh Karim Consulting Indonesia (KCI), Presiden Direktur Karim Consilting Indonesia Adiwarman Karim menjelaskan, dari analisis KCI, Mandiri Syariah akan masuk cukup besar ke sektor infrasktruktur pada 2018-2019. Sektor ini aman, terutama saat penempatan oleh Badan Pengelola Keuangan Haji sudah dilakukan.
 
''Mereka pasti akan main di yang aman. Sehingga pertumbuhan cepat, aman, walau marginnya tipis dan tingkat pengembalian asetnya juga tidak terlalu cepat,'' kata Adiwarman di Kompleks Taman Ismail Marzuki, Rabu (8/11).
 
Meski begitu, Mandiri Syariah diprediksi tetap akan mempertahankan bisnis di segmen UKM dan mikro. Di sisi lain, penguatan modal Mandiri Syariah bersama Bank Muamalat Indonesia (BMI) akan berdampak signifikan pada tingkat kecukupan modal (CAR) agregat di industri.
 
 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement