Selasa 24 Oct 2017 18:50 WIB

Batik Pekalongan Bakal Ikuti New York Fashion Week

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq
Batik Pekalongan
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Batik Pekalongan

REPUBLIKA.CO.ID, KAJEN –- Bupati Pekalongan, Jawa Tengah, Asip Kholbihi meyakini, batik Pekalongan yang memiliki ciri khas batik dengan warna alam, akan bisa segera 'go international'. Menyusul hasil kunjungannya ke Amerika Serikat pada pertengahan Oktober lalu, bupati memastikan batik Pekalongan akan ikut dalam ajang 'New York Fashion Week' di Amerika Serikat (AS).

''Acaranya akan digelar Februari 2018. Dalam acara itu, kita akan memperkenalkan motif batik Pekalongan,'' jelasnya, Selasa (24/10).

Disebutkan, ajang New York Fashion Week merupakan acara fashion show besar yang diikuti banyak desainer dunia. Kesempatan itu, menurutnya, menjadi kesempatan emas bagi pemkab dan juga penguasah batik Pekalongan untuk memperkenalkan batik warna Alam.

''Kabupaten Pekalongan punya peluang untuk ikut berkontribusi dalam acara tersebut.  Dengan menghadirkan konsep peragaan busana, Batik Pekalongan diharapkan bisa Go International secara riil,'' katanya.

Selama ini, papar dia, motif batik di AS lebih sering digunakan sebagai aksesoris. Namun dalam ajang New York Fashion Week, Pemkab Pekalongan akan perkenalkan batik warna alam Pekalongan sebagai produk fashion.

Menjelang ajang tersebut, ia menyatakan, Pemkab Pekalongan sedang menyiapkan segala sesuatunya dengan matang baik dari motif maupun desiainnya. ''Semua bahan baku harus disiapkan. Termasuk bahan-bahan warna alam yang digunakan untuk membatik,'' ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement