Jumat 06 Oct 2017 16:57 WIB

Bank Syariah Mandiri Fasilitasi Pembayaran SPP Mahasiswa IPB

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Nur Aini
Bank Syariah Mandiri/Ilustrasi
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Bank Syariah Mandiri/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Bank Syariah Mandiri (BSM) memfasilitasi pembayaran SPP dengan sistem host to host untuk mahasiswa IPB. Meski bukan kerja sama pertama, hal ini membuka peluang penjajakan ekspasi usaha Bank Mandiri Syariah.

Direktur Distribusi dan Layanan Mandiri Syariah Edwin Dwidjajanto bersyukur IPB mempercayai BSM sebagai penyedia layanan host to host. Ia menilai hal ini membuka peluang lebih besar bagi BSM menawarkan layanan perbankan satu pintu bagi seluruh karyawan dan mahasiswa IPB.

Bank Syariah Mandiri juga memiliki produk Griya Hijrah yang memberi kemudahan bebas biaya bagi nasabah yang ingin berpindah dari bank konvensional ke BSM. Selain itu, BSM memberi fasilitasi perjalanan umrah bekerja sama dengan PPIU terkemuka dengan jadwal pasti.

''Alhamdulillah, Mandiri Syariah adalah satu-satunya bank syariah yang menjadi mitra pembayaran SPP mahasiswa di IPB,'' kata Edwin usai penandatanganan nota kesepahaman penyediaan layanan pembayaran SPP antara Mandiri Syariah dengan IPB di Rektorat IPB, Bogor, Jumat (6/10).

Menurut Senior Executive Vice President (SEVP) BSM Niken Andonowarih, kehadiran layanan BSM memberi opsi untuk mahasiswa atau dosen dan karyawan untuk menggunakan produk dan layanan jasa keuangan syariah. Bank Mandiri Syariah juga sudah banyak bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi termasuk universitas Islam.

Soal potensi kontribusi IPB terhadap dana dan pembiyaan BSM, Niken mengaku hal itu belum bisa ditentukan karena mereka baru mulai. Akan tetapi, karena layanan pembayaran SPP ini menggunakan teknologi, sehingga akan berkontribusi pada pendapatan jasa Mandiri Syariah.

"Sivitas akademi IPB bisa memanfaatkan produk BSM, tidak harus dana atau pembiayaan, tapi juga layanan lain yang kami kerja samakan dengan mitra seperti layanan perjalanan umrah,'' ungkap Niken.

Sebelumnya, Bank Syariah Mandiri bekerjasama dengan IPB untuk produk pembiayaan, pendanaan dan sistem manajemen kas. Selain itu, pernah bekerja sama dengan IPB Press dan IPB Convention Hotel memungkin Bank Syariah Mandiri meluaskan kerja sama dengan unit usaha lain yang ada di bawah koordinasi IPB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement