Jumat 29 Sep 2017 08:38 WIB

Bank Indonesia Dorong Peningkatan Pendidikan NTB Melalui BI Corner

Rep: MUHAMMAD NURSYAMSYI/ Red: Winda Destiana Putri
Bank Indonesia
Foto: Prayogi/Republika
Bank Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB meresmikan Pojok Bank Indonesia atau BI Corner di Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMat). Kepala BI Provinsi NTB Prijono menyampaikan tantangan bangsa Indonesia ke depan akan semakin berat.

Tantangan tersebut harus dijawab dengan meningkatkan kualitas pendidikan, terutama pendidikan di kalangan mahasiswa yang merupakan kaum intelektual. Di Provinsi NTB sendiri, peningkatan kualitas pendidikan menjadi tantangan yang perlu dijawab bersama guna mendorong peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi NTB.

Hal tersebut, kata Prijono, menjadi alasan BI untuk membangun BI Corner sebagai wadah guna mendorong pemahaman masyarakat tentang peran dan tugas BI. Prijono juga menegaskan, selain untuk mendorong pemahaman masyarakat tentang tugas Bank Indonesia, keberadaan BI Corner ini juga bertujuan untuk mendorong minat baca.

Prijono menambahkan, survei dari United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) menunjukan minat baca masyarakat Indonesia masih sangatlah rendah, yakni hanya 0,001 persen. Sebaliknya, minat masyarakat Indonesia dalam menonton televisi justru lebih tinggi. 

"Urgensi untuk meningkatkan minat baca, khususnya di kalangan mahasiswa, menjadi hal yang perlu diprioritaskan untuk mencetak sumber daya manusia NTB yang unggul guna menopang pembangunan NTB ke depannya," kata Prijono di UMMat, Kamis (28/9) kemarin. 

Pembangunan BI Corner di UMMat ini menjadi yang ketujuh di NTB, setelah di Universitas Mataram, Universitas Islam Negeri Mataram, Perpustakaan Daerah Provinsi NTB, Universitas Teknologi Sumbawa, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kota Bima, dan Universitas Hamzanwadi, Lombok Timur. Prijono melanjutkan, keberadaan BI Corner juga menjadi perpanjangan Kantor Perwakilan BI Provinsi NTB untuk mendekatkan sumber informasi yang dimiliki kepada masyarakat.

Rektor UMMat Mustamin Idris menyampaikan terima kasihnya atas kepercayaan yang diberikan Bank Indonesia untuk membangun BI Corner di UMMat. Mustamin berharap keberadaan BI Corner dapat memperkuat sumber referensi yang dibutuhkan mahasiswa dalam menyelesaikan studinya, terlebih BI Corner juga dilengkapi dengan publikasi-publikasi rutin Bank Indonesia serta jurnal-jurnal ilmiah yang terkini. 

"Ke depan UMMat berharap kerjasama dengan Bank Indonesia akan terus terjalin dengan baik, sehingga berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan mahasiswa," kata Mustamin.

sumber : Center
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement