Kamis 07 Sep 2017 17:47 WIB

Oktober, Lion Air Buka Penerbangan Umrah Baru

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Endro Yuwanto
Lion Air
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Lion Air

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Maskapai penerbangan Lion Air akan membuka penerbangan umrah baru menuju Jeddah dan Madinah, Arab Saudi. Rute baru tersebut akan diterbangkan melalui sembilan kota di Indonesia yang rencananya akan beroperasi pada pertengahan Oktober 2017.

Head of Corporate Secretary and Communications Lion Air Group Andy M Saladin mengatakan sebelumnya‎ Lion Air hanya melayani penerbangan //charter// umrah ke Jeddah dan Madinah. "Rute ini selama ini hanya dari Jakarta, Surabaya, dan Makassar," kata dia, Kamis (7/9).

Untuk rute baru nanti, lanjut Andy, penerbangan umrah bisa dilakukan dari Medan, Palembang, Pekanbaru, Padang, Tanjung Karang, Banda Aceh, Bandung, Solo, dan Balikpapan. Penerbangan tersebut terlebih dahulu transit di Trivandum, India, untuk melakukan pengisian bahan bakar.

Andy memastikan pembukaan rute tersebut untuk mengakomodasi perjalanan jamaah umrah dari beberapa daerah. "Dengan begitu, jamaah tak perlu lagi ke Jakarta atau Surabaya atau Makassar terlebih dulu untuk melanjutkan perjalanan ke Jeddah maupun Madinah," jelas dia.

Dengan adanya penerbangan ke Jeddah dan Madinah dari sembilan kota tersebut, kata Andy, diharapkan bisa membuat jamaah lebih nyaman. Menurut dia, para jamaah bisa beribadah dalam keadaan yang masih segar dengan rute yang lebih efisien.

Penerbangan yang langsung ke Madinah hanya dari Surabaya, Medan, Pekanbaru, dan Padang. Sementara sisanya, penerbangan akan dilakukan hanya ke Jeddah dan keduanya menggunakan pesawat Airbus A330-300 dan juga pesawat narrow body terbaru Air Asia, Boeing 737 MAX-8. "Pesawat ini mampu terbang selama 7,5 jam dalam keadaan pesawat penuh," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement