Senin 29 May 2017 16:02 WIB

Jasa Marga Buka Sebagian Jalur Tol untuk Mudik Lebaran

Rep: Frederikus Bata/ Red: Nur Aini
Proyek jalan tol (ilustrasi)
Foto: Republika
Proyek jalan tol (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- PT Jasa Marga (Persero), bekerja sama dengan PT Waskita Karya (Persero), dan Hutama Karya membuka beberapa ruas jalan tol secara fungsional. Kebijakan ini demi menyambut Lebaran 2017.

"Kita juga berkoordinasi dengan Pertamina, Kementerian Kesehatan, mengawal musim mudik di jalur-jalur fungsional," kata Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani, saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, di Jakarta, Senin (29/5).

Ketiga BUMN tersebut membuka jalur tol Pejagan hingga Weleri, kemudian jalur Pejagan-Pemalang dengan menggunakan rabat beton (lean concrete). Pembukaan jalur juga dilakukan di tol trans Jawa dengan Jalur Pemalang-Batang, Batang Semarang.

Selain itu, Jasa Marga membuka sebagian ruas Semarang-Solo, Solo Ngawi, Ngawi-Kertosono, Surabaya-Mojokerto, Gempol-Pasuruan. Untuk jalur tol trans Sumatera yang dibuka secara fungsional antara lain sebagian ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Medan-Binjai, Palembang-Indralaya, dan Bakuheni-Terbanggi Besar.

Desi menerangkan, bagi pengendara yang ingin beristirahat sejenak, pihaknya menyediakan parking B dengan waktu tunggu sekitar setengah hingga satu jam. Selain itu, tempat parkir ruangan seluas 80-100 meter persegi itu terdapat beberapa fasilitas, di antaranya shelter, mushola, dan toilet.

Dalam mengantisipasi kemacetan, Jasa Marga bekerja sama dengan kepolisian dan Kementerian Perhubungan untuk memantau kondisi di lapangan setiap saat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement