Selasa 09 May 2017 18:56 WIB

Wapres Minta Minimarket Bisa Bekerja Sama dengan Warung Kecil

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Minimarket (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Minimarket (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mendorong agar pelaku ritel, terutama minimarket dapat bekerja sama dan membantu pengusaha kecil disekitarnya agar tumbuh lebih baik. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kesenjangan ekonomi masyarakat dan menciptakan keadilan.

"Retail salah satu yang luas adalah minimarket yang ada, maka perlu dicari jalan keluar bagaimana, bukan membunuh mengurangi warung-warung tapi justru meningkatkan kapasitas warung-warung sambil minimarket ada," ujar Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Selasa (9/5).

Jusuf Kalla menjelaskan, nantinya diharapkan ada nilai tambah minimarket itu dapat juga diberikan kepada warung-warung atau toko-toko disekitarnya. Skema kerja sama tersebut akan dibicarakan antara pemerintah dengan pelaku minimarket ritel.

Jusuf Kalla menjelaskan, model bisnis minimarket ritel ada yang berbentuk franchise namun ada pula yang milik sendiri. Oleh karena itu, pertumbuhan ritel tersebut harus diimbangi dengan pertumbuhan warung maupun toko-toko yang ada disekitarnya.

"Bagaimana jstru warung-warung itu tidak tutup hanya karena banyak minimarket. Kan bisa karena persaingan lebih convenience, harga lebih bersaing, barangnya lebih baru, ada AC, orang cenderung beli semua ke minimarket. Nah ini bagaimana kita tidak terjadi seperti itu," kata Jusuf Kalla.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement