Kamis 27 Apr 2017 13:58 WIB

Perkembangan Bisnis Ritel Indonesia Paling Cepat di Dunia

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya
Bisnis Ritel. Ilustrasi
Foto: Antara
Bisnis Ritel. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan bisnis ritel di Indonesia termasuk yang berkembangnya paling cepat dibandingkan di negara lain. Pemerintah pun mengaku terus mendukung perkembangan tersebut.

"Kita tidak halangi mereka berkembang, tapi ada aturannya," tegas Darmin, di Gedung Bank Indonesia, Kamis, (27/4). Ia menambahkan, pemerintah ingin transformasi negara berjalan dengan kualitas baik.

Mantan Gubernur BI tersebut juga mengikuti perkembangan bisnis ritel dalam negeri, di antaranya 7-Eleven (Sevel). Bisnis Sevel yang tengah menurun dalam beberapa tahun terakhir ini membuat perusahaan diakuisisi oleh PT Charoen Pokphand Restu Indonesia (CPRI) dari PT Modern Internasional Tbk.

Menurut Darmin, pengakusisian itu menunjukkan potensi ritel di Tanah Air memang besar. "Sekarang Sevel dibeli oleh konglomerat. Luar biasa sekali," ujarnya.

Ia mengatakan, besarnya potensi merupakan dampak dari kepadatan masyarakat Indonesia yang mencapai lebih dari 200 juta. Kelas menengahnya pun semakin meningkat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement