Senin 17 Apr 2017 09:50 WIB

Saham Tujuh Sektor Bawa IHSG ke Zona Hijau pada Awal Pekan

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Nidia Zuraya
 Pekerja memantau pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. ilustrasi
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Pekerja memantau pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka berada di zona hijau pada pembukaan perdagangan di awal pekan ini, Senin (17/4). IHSG dibuka menguat 5 poin ke level 5.622. Kenaikan tersebut didorong oleh 7 sektor saham yang positif pada awal perdagangan.

Tujuh saham sektoral tersebut adalah Konsumsi 0,1 persen, perdagangan 0,1 persen, aneka industri 0,29 persen, manufaktur 0,21 persen, industri dasar 0,39 persen, agrikultur 0,24 persen, dan pertambangan 0,41 persen.

Sementara tiga sektor yang melemah adalah infrastruktur 0,14 persen, keuangan 0,20 persen, properti 0,11 persen. Analis Binaartha Reza Priyambada, memprediksi IHSG akan melemah dalam perdagangan hari ini. 

''IHSG kemungkinan melemah dan beristirahat sejenak setelah mengalami penguatan (di akhir pekan),'' kata Reza, saat dihubungi Senin (17/4).

Volme penjualan akan terus meningkay dan investor akan berpikir bahwa harga saham saat ini sudah cukup mahal. Di sisi lain, ada sentimen negatif yang bisa memberikan dampak negatif untuk pergerakan IHSG selanjutnya.

Karena itu, meskipun ia berharap IHSG dapat rebound, tapi dirinya memperingatkan ada potensi untuk penurunan karena rentan akan ancaman. ''Tetap waspada dan perhatikan sentimen hasil perusahaan dan berita dari global,'' jelas Reza.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement