Rabu 12 Apr 2017 17:48 WIB

Honda Prospect Motor Bangun Jalan ke Pantai Jungwok

Rep: Khoirul Azwar/ Red: Budi Raharjo
Pembukaan jalan menuju Pantai Jungwok, Desa Jepitu, Kecamatan Girisobo, Gunungkidul.
Foto: khoirul azwar
Pembukaan jalan menuju Pantai Jungwok, Desa Jepitu, Kecamatan Girisobo, Gunungkidul.

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARYA -- PT Honda Prospect Motor (HPM) ingin lebih dekat lagi dengan masyarakat Yoyakarta. Keinginan itu mereka perlihatkan dengan membangun jalan menuju Pantai Jungwok, Desa Jepitu, Kecamatan Girisobo, Gunungkidul, sepanjang 550 meter serta  gorong-gorong.

Pembukaan akses jalan untuk kendaraan roda empat itu dilakukan bekerja sama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Jungwok dan masyarakat sekitar. Program ini merupakan salah satu program CSR (tanggung jawab sosial) HPM dalam rangkaian acara Jelajah Pesisir Selatan bersama Honda BR-V.

Pembangunan jalan tersebut, Rabu (12/4) diresmikan oleh Jonfis Fandy, Marketing & after sales service director HPM bersama muspika setempat.

Kepala Desa Jepitu, Sarwana mengatakan, sebelumnya satu-satunya jalan menuju pantai tersebut berbentuk campuran tanah dan batu-batuan yang dipadatkan oleh masyarakat sekitar. Seiring waktu, jalan tersebut semakin rusak dan sangat sulit dilalui kendaraan roda 4 maupun roda 2. "Sekarang sudah jauh lebih baik. Mobil bisa langsung ke pantai. Ini berkat bantuan Honda," katanya usai peresmian.

Sarwana berharap dengan terbukanya akses ke pantai ini akan bisa meningkatkan kujungan wisatawan baik lokal maupun turus asing. "Mudah-mudahan pembukaan akses ini juga bisa berdampak pada perkembangan ekonomi masyarakat setempat. Makin makmur," katanya.

Pembuatan akses jalan beton sumbangan PT HPM dikerjakan oleh masyarakat sekitar Pantai Jungwok, sesuai dengan kesepakatan bersama antara pihak Pokdarwis, Kelurahan, dan Kecamatan setempat. Pengerjaan jalan ini memakan waktu sekitar dua minggu.

Menurut Jonfis, Pantai Jungwok merupakan salah satu pantai di pesisir Selatan Yogyakarta yang mempunyai potensi wisata yang sangat besar dengan pemandangan alami yang sangat indah, namun hingga kini belum berkembang karena akses jalan yang sulit. "Kami berharap pembukaan akses jalan ini membantu berkembangnya wisata di wilayah ini, sekaligus memberikan dampak positif bagi pemberdayaan masyarakat sekitar,” paparnya.

 

Disebutkan, kegiatan CSR bertema Pembukaan akses jalan menuju area potensi wisata baru ini dilakukan dalam rangkaian acara Jelajah Pesisir Selatan bersama Honda BR-V. Hal ini karena sesuai dengan karakter dan konsep mobil Honda yang mempunyai desain dan performa tangguh namun tetap nyaman dan aman dikendarai, sehingga dapat dibawa  kemana saja untuk menemukan tempat dan petualangan yang baru.

 

Kegiatan Jelajah Pesisir Selatan merupakan aktivitas touring dengan menggunakan Honda BR-V yang dilakukan PT HPM bersama dengan sejumlah awak media. Beberapa lokasi yang menjadi tujuan di acara ini merupakan area wisata yang mempunyai potensi besar, namun masih dalam tahap berkembang, di antaranya Pantai Ngrenehan, Menara Mercusuar Pantai Baron, Pantai Krakal, dan Pantai Jungwok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement