Sabtu 04 Mar 2017 22:32 WIB

Taiwan Incar Pasar Domestik Asia Tenggara

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Hazliansyah
Taiwan Excellence, ruang pamer produk IT Taiwan di Taipei.
Foto: Republika/Chairul Akhmad/ca
Taiwan Excellence, ruang pamer produk IT Taiwan di Taipei.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chairman of The Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) James CF Huang mengatakan, pertumbuhan ekonomi negara-negara ASEAN cukup baik saat ini. Hal ini terlihat dari meningkatnya tingkat konsumsi kelas menengah dan kepemilikian pasar domestik yang luar biasa.

Hal ini, ujar Huang, sangat menarik bagi Taiwan. "Pemerintah Taiwan  melalui kebijakan Menuju Selatan, menetapkan kebijakannya untuk membidik pasar-pasar domestik negara-negara ASEAN termasuk Indonesia," katanya, Sabtu, (4/3).

Indonesia merupakan negara yang sangat penting bagi Taiwan di Asia Tenggara. "Saat ini Asia Tenggara menjadi wilayah yang paling berkembang ekonominya dan Indonesia menjadi negara yang paling berpotensi ekonominya," kata dia.

Ekonomi Indonesia terus menanjak sehingga Indonesia merupakan pasar yang potensial bagi Taiwan. Apalagi Taiwan selalu menyediakan teknologi informasi bagi perkembangan ekonomi yang lebih baik.

 

Melihat perkembangan ekonomi Asia Tenggara yang meningkat, sejak 2017 Taiwan mulai meningkatkan citra produk Taiwan ke sejumlah negara ASEAN seperti Indonesia, Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Thailand. Untuk meningkatkan citra produk Taiwan maka dilakukan kegiatan promosi Taiwan Excellence.

Dalam Taiwan Excelellence dipamerkan puluhan merek produk terkenal Taiwan seperti produk teknologi terbaru. Produk yang dipamerkan merupakan produk dengan merek yang sudah mendapatkan Excellence Award 2017.

Menurut Huang, melalui Kebijakan Menuju Selatan Taiwan maka Taiwan akan meningkatkan berbagai kegiatan pemasaran integrasi secara aktif dan akan melebarkan peluang kerjasama dengan negara-negara ASEAN di bidang perdagangan.

Indonesia, terang Huang, merupakan mitra dagang Taiwan yang menyenangkan dalam kurun 40 tahun terakhir. Oleh karena itu Taiwan ingin memperluas hubungan dengan Indonesia bukan hanya sebagai mitra dagang saja tapi merambah bidang lain seperti pertukaran budaya dan sumber daya manusia. Ia berharap Taiwan dan Indonesia bisa terus saling mendukung guna meningkatkan perekonomian kedua negara.

Ketua Biro Perdagangan Luar Negeri Taiwan Jen Ni Yang mengatakan, Taiwan memiliki kekuatan inovasi serta industri teknologi yang kuat. Dilihat dari segi perkembangan industri, keberagaman sumber daya alam, pola hubungan ekonomi dan perdagangan yang komplemen, Taiwan dan negara-negara ASEAN memiliki peluang kerjasama yang lebih besar.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement