Kamis 23 Feb 2017 11:57 WIB

Bank Mandiri Siapkan 200 Agen Distribusikan Bantuan Pangan Nontunai

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya
Bank Mandiri
Foto: Darmawan/Republika
Bank Mandiri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Mandiri berkomitmen mendukung implementasi program kerakyatan pemerintah. Kali ini, perseroan menyiapkan lebih dari 200 agen bank untuk mendistribusikan bantuan pangan nontunai (BPNT) di wilayah Jawa-Bali. 

Jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program BPNT melalui Bank Mandiri lebih dari 40 ribu KPM yang tersebar di 10 kota di 5 propinsi. Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, keterlibatan Bank Mandiri dalam program ini merupakan kelanjutan dari keterlibatan perseroan dalam penyaluran bantuan sosial non tunai dengan skema Program Keluarga Harapan (PKH). 

“Selain untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses program ini, kami juga ingin mengedukasi masyarakat agar terbiasa menabung dan menggunakan uang seperlunya saja sehingga dapat mendukung upaya pemerintah dalam mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya melalui siaran pers, Kamis, (23/2).

Melalui program ini, Kartika menjelaskan, para agen bank akan mendapatkan pelatihan serta pemantauan terkait mekanisme pencairan bantuan dengan memanfaatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan mesin EDC khusus untuk program BPNT. Nantinya setiap agen akan melayani sekitar 250 KPM. 

Lebih lanjut, ia menjelaskan,  pihaknya juga bekerjasama dengan pihak kelurahan setempat dan Bulog terkait pendampingan KPM serta pengadaan bahan pangan bersubsidi sepert beras dan gula untuk memastikan bantuan yang diterima tepat sasaran.

“Agen-agen bank ini juga memberikan layanan keuangan tanpa kantor cabang bank kepada masyarakat yang belum memiliki akses kepada layanan keuangan untuk transaksi perbankan terbatas. Harapannya, para agen ini juga dapat meningkatkan literasi keuangan KPM sehingga dapat mendukung program inklusi finansial,” jelas Kartika.

Saat ini, Bank Mandiri memiliki jumlah loket agensebanyak lebih dari 30 ribu loket. Terdiri dari loket agen individu dan badan hukum yang tersebar di seluruh Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement