Kamis 23 Feb 2017 08:49 WIB

KLIK BKPM Berhasil Tarik Investasi Hingga Rp 120 Triliun

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Nidia Zuraya
Investasi (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Widodo S. Jusuf
Investasi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG -- Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) hingga saat ini berhasil merealisasikan investasi Rp 122,2 triliun lewat implementasi Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KLIK). Kepala BKPM, Thomas Trikasih Lembong mengatakan jumlah tersebut memanfaatkan lahan seluas 1.126 hektare (ha) yang berlokasi di 11 kawasan industri di Indonesia.

"Fasilitas KLIK hingga saat ini sudah dimanfaatkan 83 proyek atau perusahaan," kata Lembong dijumpai di Nusa Dua, Rabu (22/2) malam.

Fasilitas KLIK bisa dimanfaatkan seluruh investor sebab tak mensyaratkan batasan minimal nilai investasi atau jumlah tenaga kerja. Lembong menjelaskan, sepanjang berlokasi di kawasan industri tertentu yang ditetapkan pemerintah, maka investor bisa masuk ke sana.

KLIK mempermudah investor membangun proyek mereka setelah memperoleh izin prinsip atau izin investasi, baik dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu pusat di BKPM atau PTSP di daerah. Perusahaan secara pararel dapat mengruus Izin Mendirikan Bangunan (IMB), izin lingkungan, dan izin pelaksanaan lainnya.

"Izin pelaksanaan diselesaikan sebelum perusahaan melakukan produksi secara komersial," kata Lembong. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement