REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementrian Pariwisata mendukung Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Indonesia Marketing Association (IMA) di Platinum Balikpapan Hotel & Convention Hall, 18-19 Februari. Pertemuan para marketer ini akan dihadiri 33 chapter IMA perwakilan kabupaten/kota.
“Mereka bisa ikut mengendors brand Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia, dan mempercepat proses pariwisata sebagai core economy bangsa,” ujar Menpar Arief Yahya
Arief menuturkan selalu menggunakan prinsip Pentahelix, menggabungkan 5 stakeholder penting dalam menggarap pariwisata di tanah air. Yakni Academician (A), Business (B), Community (C), Government (G) dan Media (M), yang biasa disingkat dengan ABCGM. Karena itu, salah satu under community yang bisa mendukung Kemenpar dalam promosi Pariwisata adalah IMA-Indonesia Marketing Association.
10 Bali Baru Dipromosikan di TTE Filipina
"Pak Presiden Joko Widodo sudah mengamanatkan bahwa Pariwisata adalah core economy bangsa Indonesia, yang akan terus didorong menjadi sector prioritas di tanah air. Hanya Pariwisata, sektor yang paling bisa berkompetisi di global level. Di era industri kreatif seperti sekarang, pariwisata kita bisa menjadi pembuka untuk TTI, Tourism Trade dan Investment,” kata Arief.
Rapat yang akan dihadiri 100 orang peserta ini akan berdiskusi dan tukar pikiran mengenai isu-isu strategis dan terkini di bidang pemasaran. Agenda ini juga akan menjadi wadah untuk berbagai informasi mengenai berbagai potensi pengembangan pemasaran di seluruh chapter IMA yang ada.
Dalam rakernas ini, akan disusun program kerja IMA untuk satu tahun ke depan dengan prioritas di bidang pariwisata, UMKM, dan pengembangan sumberdaya manusia. Di bidang pariwisata dan UMKM, akan dibuat Tourism Zone yang bertujuan untuk memilih destinasi wisata unggulan di tiap provinsi dan akan digandeng para UMKM unggulan.
Presiden IMA, Arif Wibowo menambahkan di Rakernas IMA kali ini akan mengembangkan SDM, akan didorong sertifikasi profesi di bidang sales dan marketing bertitle CPM yang diakui Asia di tiap Chapter IMA dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). IMA adalah organisasi yang fokus pada aktivitas pengembangan pemasaran sebagai profesi. IMA melakukan berbagai kegiatan yang mencakup berbagai pengetahuan dan memperbaiki praktek-praktek pemasaran dengan konsep pemasaran ke seluruh nusantara.
Rencananya, rakernas ini akan dihadiri Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak, Walikota Balikpapan Rizal Effendi, Walikota Samarinda Syaharie Jaang, pakar marketing Hermawan Kartajaya, dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim Syahfruddin Pranyata.