Kamis 09 Feb 2017 03:42 WIB

Menteri BUMN Bangga BUMN Mampu Ciptakan Sejuta Lapangan Kerja

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Budi Raharjo
Rini Soemarno
Foto: Republika/ Wihdan
Rini Soemarno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, sebanyak 118 BUMN telah menyerap satu juta lapangan pekerjaan. Ia menyatakan, BUMN merupakan agen pembangunan.

"Sebagai agen pembangunan, kami menciptakan lapangan pekerjaan lebih dari satu juta. Apabila ditambah anak usaha dan afiliasi, bisa berlipat ganda," ujarnya dalam Mandiri Investmen Forum (MIF), di Jakarta, Rabu, (8/2).

Ia menuturkan, BUMN sebagai salah satu mitra pemerintah telah ikut berkontribusi dalam berbagai pembangunan infrastruktur di Tanah Air. Baik infrastruktur darat, udara, maupun laut.

Mandat Presiden Joko Widodo untuk memperluas konektivitas pun, menurut Rini, sudah dilakukan. Di antaranya dengan membangun hampir ribuan kilometer jalan tol, serta puluhan pelabuhan dan bandara dari Sabang sampai Merauke.

 

"Pada akhir 2015, kami juga mengembangkan 106 kilometer jaringan optik fiber atau 90 persen dari seluruh desa yang ada," ujarnya. Ia menambahkan, BUMN juga ikut dalam mega proyek kelistrikan 35 ribu megawatt, serta program Satu Juta Rumah.

Rini berharap, swasta juga mau turut berperan dalam meningkatkan perekonomian nasional ke depan. "BUMN terbuka bermitra dan berkomitmen dengan GCG (Good Corporate Covernance) dengan tetap mengedepankan aspek profesionalisme," tuturnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement