Jumat 13 Jan 2017 13:25 WIB

Bidik 10 Terbesar, Bank BJB Perkuat Budaya Perusahaan

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Bank BJB.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Bank BJB.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Bank BJB menggenjot pembenahan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai salah satu strategi bisa menjadi 10 bank terbesar dan berkinerja terbaik di Indonesia. Saat ini, BJB masih berada dalam posisi 14 bank terbesar di Indonesia. Namun, bank dengan kode emiten BJBR ini terus meningkatkan performanya dalam hal pengelolaan perusahaan yang baik. Termasuk, dalam hal pengembangan karyawannya.

"Bank BJB selalu menanamkan kepada seluruh karyawannya untuk berpegang teguh pada corporate values," ujar Senior Vice President Divisi Corporate Secretary, Hakim Putratama, Jumat (13/1).

Menurut Hakim, semakin kuat sebuah corporate values, maka semakin besar dorongan para karyawan untuk maju bersama dengan perusahaan. Sehingga, diharapkan dapat mengawal visi dan misi perusahaan.

Hakim mengatakan, agar masuk 10 besar, Bank BJB telah melakukan beberapa perubahan. Salah satunya, perubahan budaya perusahaan. Budaya perusahaan tersebut mencerminkan semangat Bank BJB dalam menghadapi persaingan perbankan yang semakin ketat dan dinamis.

Nilai-nilai budaya perusahaan (corporate values) yang telah dirumuskan yaitu GO SPIRIT yang merupakan perwujudan dari Service Excellence, Professionalism, Integrity, Respect, Intelligence, dan Trust. "Setiap karyawan harus paham dan dapat mengaplikasikan nilai-nilai perusahaan tersebut pada seluruh kegiatan operasional perusahaan," katanya.

Sementara untuk nilai-nilai perusahaan tersebut, kata Hakim, dijabarkan dalam 14 perilaku utama yang di antaranya adalah ramah, tulus kekeluargaan, kompeten bertanggung jawab, peduli pada lingkungan dan fokus pada nasabah hingga menjaga citra bank dengan tindakan dan perilaku terpuji. "Panduan untuk pelaksanaan budaya perusahaan ini telah tersusun dalam Pedoman Budaya Perusahaan bank bjb," katanya.

Menurut Hakim, jika Bank BJB telah melakukan beberapa langkah sebagai upaya sosialisasi corporate values. Proses sosialisasi tersebut, dibantu pula oleh Change Leaders dan Change Agents yang telah ditunjuk di seluruh unit kerja untuk dapat mensosialisasikan perubahan budaya kepada unit kerjanya masing-masing.

Program-program yang telah dilaksanakan, kata dia, antara lain pembentukan tim internalisasi budaya yang terdiri dari change sponsors, change leaders, change agents, dan change targets, serta Divisi Change Management Office sebagai divisi yang bertanggung jawab dalam proses internalisasi budaya secara keseluruhan. Training dan sosialisasi kepada Change Leaders and Change Agents (Batch I,II, dan III).

Selain itu, kata dia, ada survei budaya perusahaan untuk mengetahui dan mengevaluasi tingkat pengetahuan, pemahaman, persepsi kepentingan, dan keyakinan para pegawai terhadap proses transformasi organisasi dan budaya perusahaan.

Menurut Hakim, agar corporate values tersebut dapat diimplementasikan oleh seluruh jajaran organisasi Bank BJB dalam setiap aktivitas sehari-hari. Maka, akan dilakukan upaya internalisasi nilai-nilai budaya melalui program-program budaya. Antara lain, training lanjutan bagi change agents dan change leaders, workshop Cristalizing Concept reformulasi strategi transformasi bank bjb, lalu mendorong setiap unit kerja untuk memiliki program budaya, lalu mengintegrasikan nilai-nilai budaya dalam HR system.

"Proses perubahan budaya memang bukan lah suatu hal yang mudah," katanya. Namun, kata dia, dengan adanya komitmen yang kuat dari seluruh jajaran organisasi Bank BJB terutama top management, maka Bank BJB optimis dapat melakukan transformasi dalam mencapai visi dan misinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement