Rabu 11 Jan 2017 23:32 WIB

PT KCJ Bangun Fasilitas untuk Penyandang Disabilitas di Seluruh Stasiun

Rep: Singgih Wiryono/ Red: Andi Nur Aminah
Guiding block, trotoar yang memudahkan tunanetra memanfaatkan fasiltas umum
Foto: Beritajakarta
Guiding block, trotoar yang memudahkan tunanetra memanfaatkan fasiltas umum

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepanjang 2016 PT KAI Commuter Jabodetabek (PT KCJ) sudah membangun fasilitas untuk penumpang yang menyandang disabilitas. Tahun lalu PT KCJ sudah membuat guiding block kurang lebih di 35 stasiun.

Direktur Utama PT KCJ, Muhammad Nurul Fadhila, mengatakan, pemasangan guiding block di stasiun-stasiun merupakan bentuk pelayanan PT KCJ yang menggunakan KRL dengan disabilitas. "Dengan guiding block yang sudah terpasang di 35 stasiun, diharapkan bisa membantu pengguna KRL dengan disabilitas, terutama yang tunanetra," ujarnya saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (11/1).

Fadhila menjelaskan, selain dipasangi guiding block untuk tunanetra juga akan dipasangan media informasi dalam bentuk audio dan visual di peron beberapa stasiun. "Selain itu ada bidang miring untuk pengguna kursi roda, di dalam kereta akan ada petugas yang membantu penumpang yang memiliki keterbatasan. Sedang untuk JPO dan underpass, akan ada penjaga yang siap membantu," ujanya.

Untuk stasiun yang belum memiliki fasilitas tersebut, kata dia, akan ada petugas yang akan membantu penyandang disabilitas yang akan beraktivitas di stasiun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement