Sabtu 10 Dec 2016 10:35 WIB

Ribuan Orang Bersih-Bersih Pantai Serentak di Lima Kota

Rep: Frederikus Bata/ Red: Dwi Murdaningsih
Warga membersihkan sampah yang terdampar dan mengganggu wisatawan di Pantai Kuta, Bali.
Foto: Antara/Nyoman Budhiana
Warga membersihkan sampah yang terdampar dan mengganggu wisatawan di Pantai Kuta, Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP - - PT Pertamina (Persero) menyelenggarakan program Pemberdayaan dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan di lima lokasi secara serentak. Kegiatan tersebut bagian dari peringatan HUT Pertamina ke-59 yang jatuh pada Sabtu (10/12).

Sekitar 4.000 orang terlibat dalam aksi yang tersebar di beberapa titik, yaitu Pantai Kampung Bugis, Tanjung Uban, Kepulauan Riau, Pantai Mutiara Hijau, Balongan, Jawa Barat, Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah, Pantai Grand Watu Dodol, Banyuwangi, Jawa Timur, dan Kampung Atas Air, Balikpapan, Kalimantan Timur. Khusus untuk Cilacap, sekitar 1000 orang ikut terlibat dipimpin Menteri BUMN Rini Soemarno didampingi oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto.

Pelaksanaan program Pemberdayaan dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan di Teluk Penyu, Cilacap juga merupakan bagian dari program BUMN Hadir untuk Negeri. Terdapat beberapa BUMN yang ikut berperan serta dalam program Pemberdayaan & Pembersihan di Pantai Teluk Penyu, yaitu Pelindo I, II, III dan IV, Pertamina, BRI, Pusri, BNI, Telkom, Antara, Inti, dan DRU.

Menteri BUMN Rini Soemarno memberikan apresiasinya atas kepedulian BUMN untuk melakukan sebuah aksi nyata berupa program Pemberdayaan dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan yang disebutnya sejalan dengan Nawa Cita Presiden untuk menumbuhkan perekonomian di wilayah pesisir.

“Sinergi BUMN Hadir untuk Negeri yang dilakukan hari ini merupakan langkah kecil yang sangat sejalan dengan semangat besar Presiden RI untuk menciptakan Poros Maritim di Indonesia, yang salah satunya menekankan kepada upaya untuk menghidupkan perekonomian berbasis pesisir. Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi semua pihak yang terlibat,” kata Rini di Cilacap, Sabtu (10/12).

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto melaporkan melalui Program Pemberdayan dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan selain bersih-besih pantai akan disalurkan bantuan CSR dan PKBL kepada warga setempat. Bantuan tersebut beragam mulai beasiswa untuk para anak nelayan, sarana tangkap ikan, sarana pembersihan dan pengelolaan sampah, pengolahan rumput laut, penyerahan bibit mangrove, perbaikan gedung, pengembangan infrastruktur jalan, perbaikan Mushalla, dan lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan warga setempat.

Khusus untuk warga di sekitar Teluk Penyu, Cilacap sinergi beberapa BUMN memberikan bantuan berupa beasiswa kepada 100 pelajar SD, SMP, SMA, sarana tangkap ikan untuk 10 kelompok nelayan, perbaikan gedung HNSI, pembangunan jalan setapak Donan, Kali Anget, perbaikan 20 rumah di Kampung Laut, perbaikan rumah jaga dan paving block di SDN 9, dan perbaikan mushalla juga di kelurahan Donan.  

Adapun, bantuan tambahan dari Pertamina berupa program bank sampah di area TBBM Lomanis, pemberdayaan masyarakat jamur tiram, program mangrove Kampung Laut, program Sehati (perilaku hidup bersih dan sehat), dan pembangunan lima Taman Bacaan. Layanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis untuk 1000 orang serta santunan kepada 59 anak yatim juga dilakukan di lokasi ini.

“Kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan pantai masih perlu ditingkatkan dan program Pemberdayaan dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan yang mengedukasi langsung masyarakat nelayan ini adalah salah satu jawabannya,” ujar Dwi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement