Jumat 09 Dec 2016 17:59 WIB

Kemendag Siapkan Perjanjian Dagang dengan Negara Tujuan Ekspor Baru

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Nur Aini
Ekspor (ilustrasi)
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Ekspor (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita akan meningkatkan kinerja ekspor dengan memperluas pasar. Kementerian Perdagangan mulai membuka pasar ekspor baru ke Afrika, Iran, Pakistan, Rusia, Eurasia, dan beberapa negara Amerika Latin. Selain itu, ekspor ke India akan ditingkatkan.

"Iran juga menjadi salah satu prioritas di luar negara-negara yamg menjadi tujuan ekspor," katanya usai menggelar temu media di Gedung Kemendag Jakarta, Jumat (9/12).

Saat ini, Kemendag masih mempersiapkan perjanjian-perjanjian dengan negara tujuan ekspor baru tersebut sekaligus menentukan bagaimana posisi neracanya.  Selain membuka pasar baru, Enggar mengatakan ingin menggenjot produk yang memiliki persaingan rendah seperti furniture.

"Batik, desain bisa menambah nilai tambah yang tinggi, kuliner, serta minyak sawit dengan turunannya," ujarnya. Dengan penambahan pasar ekspor baru tersebut, ia berharap mampu terus menjaga neraca perdagangan tidak menurun di tengah ekonomi global yang belum positif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement