Selasa 11 Oct 2016 14:44 WIB

Mendag Sebut Harga Pangan Relatif Stabil

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Nidia Zuraya
Pedagang sedang melayani pembeli di pasar tradisional, Jakarta.
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Pedagang sedang melayani pembeli di pasar tradisional, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menyampaikan harga pangan relatif stabil saat ini. Meskipun, ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga.

"Harga relatif stabil. Tapi, Ada catatan seperti harga cabai yang naik," kata Enggar seusai melaporkan harga pangan kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Selasa (11/10).

Enggar menjelaskan, harga cabai mengalami kenaikan karena pengaruh iklim. Kata Enggar, intensitas hujan yang sering terjadi belakangan ini memengaruhi produksi cabai. Meski begitu, Enggar yakin harga cabai akan kembali normal dalam waktu dekat.

Selain harga cabai, komoditas lainnya dianggap stabil. Harga bawang bahkan disebut mengalami penurunan hingga menjadi Rp 13 ribu per kg di level petani. Enggar mengatakan akan menugaskan Bulog untuk menyerap bawang para petani supaya harganya tidak terlalu jatuh.

"Presiden meminta agar serapan produksi dalam negeri diperhatikan, tetapi juga harga agar dijaga," ujar Enggar.

Sedangkan untuk gula, Enggar menyebut harganya sudah turun di bawah Rp 15 ribu per kg. Namun, penurunan harga gula ini belum merata di seluruh daerah.

"Kisarannya sudah Rp 12.500-Rp 13.500 per kg. Tapi masih ada bberapa daerah yang masih mempertahankan harga dengan bandelnya," ucap Enggar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement