Senin 03 Oct 2016 15:51 WIB

Turis Cina Paling Banyak Kunjungi Indonesia

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Nur Aini
Wisatawan Cina (Ilustrasi)
Foto: Google
Wisatawan Cina (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman ke Indonesia pada Agustus 2016 tercatat sebanyak 1,031 juta kunjungan. Turis asing yang paling banyak datang ke Indonesia berasal dari Cina.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kecuk Suhariyanto menjelaskan, jumlah turis Cina yang datang ke Indonesia pada Agustus 2016 mencapai 151.054 orang. Jumlah tersebut mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan Agustus 2015 yang sebanyak 127.180 orang.

"Jumlah turis Tiongkok ini mencapai 14,99 persen dari total jumlah kunjungan. Paling besar," kata Kecuk dalam paparannya di kantor BPS, Jakarta, Senin (3/10). Setelah Cina, turis asing yang paling banyak mengunjungi Indonesia berasal dari Australia sebanyak 105 ribu orang. Kemudian Singapura sebanyak 100 ribu orang.

Kecuk menjelaskan, peningkatan jumlah turis Cina juga terjadi di banyak negara. Menurut dia, peningkatan ini terjadi seiring membaiknya pertumbuhan ekonomi Cina yang cukup tinggi. Selain itu juga karena ada peningkatan pendapatan per kapita penduduk Cina.

Kenaikan kunjungan turis Cina juga terjadi lantaran banyaknya penerbangan langsung dari Cina ke beberapa daerah di Indonesia. Kecuk mengatakan, salah satu penerbangan langsung tersebut adalah ke Manado, Sulawesi Utara.  "Banyak sekali penerbangan langsung dari Tiongkok ke Indonesia. Salah satu yang baru saya lihat secara langsung adalah ke Bunaken (Manado)," ujar Kecuk.

Baca juga: Satu Juta Turis Asing Kunjungi Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement