Sabtu 01 Oct 2016 08:34 WIB

Medco Jadi Pemegang Saham Mayoritas Newmont

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nur Aini
Gedung Medco di Jakarta.
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Gedung Medco di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- PT Medco Energi Internasional Tbk mendominasi kepemilikan saham PT Newmont Nusa Tenggara dengan mengakuisisi saham PT Amman Mineral Investama sebesar 50 persen. Akuisisi ini kemudian membuat kepemilikan saham Medco atas Newmont sebesar 82,2 persen.

Keputusan ini diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang diselenggarakan di Jakarta, Jumat (30/9). Keputusan akuisisi ini memberikan nilai tambah yang signifikan mengingat fasilitas operasi bertaraf dunia yang saat ini didominasi oleh Medco.

Direktur Utama PT Medco, Arifin Panigoro mengatakan ada cadangan sebesar 2,6 miliar lbs tembaga dan 2,7 juta ons emas yang dimiliki oleh Newmont. Sehingga, dengan akuisisi yang dilakukan oleh Medco memperbesar potofolio dan cadangan investasi.

Arifin menambahkan, ke depan ada temuan cadangan undeveloped sebesar 12,9 miliar lbs tembaga dan 19,7 juta ons emas. "Transaksi ini akan menambah besaran ekuitas dan portofolio investasi oerseroan, dan akan meningkatkan kontribusi pendapatan oerseroan dari sektor selain energi secara material," ujar Arifin di Gedung Medco Energy, Jakarta, Jumat (30/9).

Sementara itu, melalui Penawaran Umum Terbatas, perseroan akan menggalang dana yang kurang lebih setara dengan 150 juta dolar AS. Dana yang diperoleh akan digunakan untuk membayar utang jatuh tempo dan untuk mendanai belanja modal. Setelah HMETD, perusahaan akan memiliki struktur permodalan yang lebih kuat untuk menunjang kegiatannya yang kian berkembang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement