Senin 22 Aug 2016 14:21 WIB

BCA Donasikan Rp 850 Juta untuk Tingkatkan Kualitas PAUD

Rep: Rossi Handayani/ Red: Dwi Murdaningsih
Beberapa anak mengikuti kegiatan belajar mengajar di PAUD Nusantara, Bendungan Hilir, Jakarta, Jumat (18/9).
Foto: Republika/ Wihdan
Beberapa anak mengikuti kegiatan belajar mengajar di PAUD Nusantara, Bendungan Hilir, Jakarta, Jumat (18/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung peningkatan kualitas pendidikan usia dini dengan memberikan donasi pada program,  Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI), yang digagas oleh United Nations Children's Fund (UNICEF). BCA memberikan donasi senilai Rp 850 juta yang diserahkan oleh Jahja Setiaatmadja, kepada Kepala Perwakilan Kantor UNICEF di Indonesia, Gunilla Olsson di Jakarta, Senin (22/8).

Jahya mengatakan, program Unicef PAUD HI sudah dikenal dengan baik, BCA ingin turut berpartisipasi dalam kegiatan yang dilaksanakan untuk pengembangan Indonesia, melalui pendidikan. Di samping menimba ilmu pengetahuan, melatih budaya dan perilaku anak-anak juga menjadi bagian yang penting.

"Kita bayangkan saudara kita yang berada di daerah, untuk melihat dunia luar saja susah. Untuk itu, adalah tugas kita bersama untuk membantu meningkatkan pendidikan mereka. Pengembangan anak usia dini sesuatu hal luar biasa, dan sudah dilaksanakan UNICEF," kata Jahja.

Program PAUD HI yang dicanangkan pemerintah melalui Keputusan Presiden nomer 60 pada 2013,  diharapkan dapat meningkatkan kualitas serta angka partisipasi PAUD di Papua. Program ini akan mencakup advokasi dan koordinasi di tingkat kabupaten hingga desa untuk peningkatan kesadaran mengenai pentingnya PAUD.

Nantinya akan ada pelatihan untuk penyelenggara program dan orang tua, identifikasi PAUD berbasis masyarakat, dan membangun sistem monitoring dan evaluasi. Program ini akan dilaksanakan pada 20 PAUD di Sorong dan Raja Ampat, Papua untuk 750 anak usia 0-6 tahun. Selain itu juga melibatkan 1.500 orang tua asuh.

Kepala Perwakilan UNICEF Indonesia, Gunilia Olsson mengucapkan terima kasih, atas kerjasama yang telah dilakukan BCA hingga sejauh ini. Ia mengatakan, pendidikan anak usia saat masih dini, perlu ditanamkan dengan baik, agar mereka yang tinggal di daerah pelosok, tetap mampu tumbuh berkembang seperti anak-anak yang tinggal di perkotaan.

Pada 2014 dan 2015, BCA juga mendukung program UNICEF untuk untuk program Pendidikan Ramah Anak di Papua. Program ini merupakan implementasi dari salah satu pilar Bakti BCA, yakni Solusi Cerdas. Jahja mengungkapkan, melalui pilar Solusi Cerdas, BCA berupaya aktif mengembangkan program-program maupun bekerja sama dengan lembaga yang berkompeten untuk meningkatkan pendidikan masyarakat Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement