Senin 25 Jul 2016 13:01 WIB

Pengemasan di Industri Makanan dan Minuman Diambil Alih Robot

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Ilustrasi pertumbuhan industri makanan dan minuman di Tanah Air.
Foto: Republika/ Wihdan
Ilustrasi pertumbuhan industri makanan dan minuman di Tanah Air.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Industri makanan dan minuman mulai merambah pada teknologi yang makin canggih. Salah satunya yakni dengan memanfaatkan otomatisasi industri dengan menggunakan robot untuk pengemasan.

Managing Director PT Imron Electronics di Indonesia Budi Sutanto mengatakan, pengemasan pada industri makanan dan minuman adalah bagian penting dari sebuah proses manufaktur. Pengemasan meminimalisasi terkontaminasinya produk, membantu melindungi produk dari kerusakan, serta memungkinkan pemasaran dan branding suatu produk. Solusi pengemasan yang dipilih harus terukur secara investasi, mampu mempercepat waktu pemasaran, dan dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan produk melalui teknologi visi terintegrasi. Untuk proses pengemasan yang berulang dan perlu pengemasan manual secara intensif, maka solusi yang dinilai ideal yakni dengan memanfaatkan teknologi robot.

"Sebagai pemimpin di industri otomatisasi, Omron sudah bekerja sama dengan berbagai perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman, juga pengemasan di Indonesia," ujar Budi dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/7).

Budi menjadikan, Omron membantu perusahaan makanan dan minuman dalam menghemat biaya, memperpendek siklus penyediaan barang dan meningkatkan produktivitas. Sejauh ini sudah ada ketertarikan untuk mengaplikasikan robot tersebut sebagai solusi ketenagakerjaan yang cukup baik. Akuisisi Omron terhadap Adept Technologies, manufaktur robot industri untuk pengemasan dari Amerika sangat relevan untuk Indonesia.

Omron Adept adalah salah satu yang memiliki sistem robot kendali-visi untuk pengemasan dengan basis instalasi terbesar secara global dan menawarkan berbagai aplikasi robot untuk pemberian label, pengemasan, dan pemasangan palet kemasan. Banyaknya kebutuhan pengemasan Omron Adept mengumumkan jajaran robot terbaru yang mampu memberikan solusi otomatisasi lengkap yang dirancang lewat satu sumber. Robot-robot industri terbaik di kelasnya ini adalah SCARA, robot parallel, robot jenis articulated, dan robot mobile. Robot-robot ini telah terintegrasi dengan sensor, komponen pengamanan, dan mesin pengendali otomatis Omron untuk menyederhanakan implementasi robot dalam lingkungan produksi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement