Kamis 30 Jun 2016 16:10 WIB

Mentan Klaim Harga Daging Sudah Rp 80 Ribu/Kg

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Daging Sapi
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Daging Sapi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang hari raya lebaran, Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyebut harga daging saat ini sudah memenuhi target yang diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut dia, di sejumlah pasar, harga daging baik daging impor maupun segar saat ini rata-rata berada di bawah Rp 80 ribu per kilogram.

"Dua-duanya (impor dan segar). Yang terpenting sekarang program Pak Presiden, harga di bawah Rp 80 ribu jadi kenyataan, meski belum seluruhnya," kata Amran di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (30/6).

(Baca juga: Puan: Daging Sapi Sitaan Dibagikan Melalui Panti Sosial)

Lebih lanjut, ia juga mengatakan, daging-daging tersebut saat ini sudah masuk pasaran. Amran juga mengaku telah mengecek harga daging di pasaran pagi hari ini.

Berdasarkan pantauannya, harga daging di sejumlah wilayah saat ini berkisar antara Rp 75 ribu hingga Rp 100 ribu per kilogram. Selain itu, ia juga menjamin aman pasokan barang kebutuhan pokok lainnya seperti beras dan bawang.

"Aman, beras stok sudah dua kali lipat, bawang juga sudah turun, beras sendiri 2 juta lebih sementara tahun lalu hanya 1 juta jadi semuanya aman," kata dia.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan harga daging dapat mencapai Rp 80 ribu per kilogram. Sebab menurut dia, harga daging di negara lain pun tercatat lebih murah dibandingkan di Indonesia.

Untuk mencapai harga tersebut, pemerintah berupaya menambah pasokan daging dengan mengimpor dan melakukan pembibitan di dalam negeri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement