Senin 27 Jun 2016 18:36 WIB

Cukai Plastik akan Pengaruhi Daya Saing Produk Lokal

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Nur Aini
iIustrasi pertumbuhan industri makanan dan minuman.
Foto: Republika/ Wihdan
iIustrasi pertumbuhan industri makanan dan minuman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Gabungan Pengusaha Industri Makanan dan Minuman Indonesia (GAPPMI) Adhi Lukman mengatakan,‎ pengenaan cukai plastik yang berkonsekuensi kenaikan harga yang dilakukan industri bisa membuat produk yang dijual minim pembeli. Karena meski kenaikannya tidak besar, konsumen tetap akan memilih harga yang lebih terjangkau pendapatan mereka.

"‎Tahun ini kita mulai berjaya lagi. Tapi gangguan termasuk isu cukai ini jelas akan menanggu kinerja industri makanan dan minuman," ujar Adhi di Jakarta, Senin (27/6).

‎Selain menurunnya konsumsi minuman di dalam negeri, adanya cukai plastik juga bisa mengurangi kompetensi produk minuman dengan negara-negara di ASEAN dalam kompetensi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Adhi menjelaskan, selama ini industri minuman dalam negeri masih kalah bersaing dengan sejumlah minuman dari negara ASEAN, padahal ini tidak dikenai cukai. Dengan adanya cukai sudah pasti industri ini semakin anjlok dalam hal ekspor.

"Ekspor kita ini kecil untuk minumam. Itu masih tanpa cukai. Kalau ditambah cukai saya nggak tahu kayak gimana ini persaingannya," kata dia.

Baca juga: Cukai Plastik Dinilai Bisa Berdampak Besar pada Kinerja Industri

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement