Senin 20 Jun 2016 10:23 WIB

IHSG Menguat Terdongkrak Sentimen Positif Bursa Kawasan

Pekerja memantau perkembangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek  Indonesia (BEI) Jakarta. (Republika/ Agung Supriyanto)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Pekerja memantau perkembangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta. (Republika/ Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin (20/6) dibuka menguat sebesar 14,55 poin menyusul pergerakan bursa saham di kawasan Asia yang berada dalam area positif. IHSG BEI dibuka menguat sebesar 14,55 poin atau 0,30 persen menjadi 4.849,69. Sedangkan kelompok 45 saham unggulan atau LQ45 bergerak naik 3,62 poin (0,44 persen) menjadi 828,19.

"Kondisi bursa saham di kawasan Asia yang cenderung bergerak naik memberi dampak positif bagi indeks BEI," kata Kepala Riset Unversal Broker Indonesia Satrio Utomo di Jakarta, Senin (20/6).

Ia menambahkan bahwa sentimen dari dalam negeri mengenai penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate) dan relaksasi ketentuan uang muka atau loan to value (LTV) KPR, juga telah membuat IHSG kembali bergerak di area positif. "Langkah Bank Indonesia untuk menurunkan LTV telah memunculkan sinyal positif pada saham-saham sektor properti dan konstruksi. Bahkan, saham-saham sektor semen terlihat mulai bergerak menguji resisten," katanya.

Namun, ia mengharapkan bahwa agar pelaku pasar saham tetap waspada menjelang referendum Inggris keluar dari Uni Eropa (Brexit) pada tanggal 23 Juni 2016 nanti, situasi itu dierkirakan bakal membuat pergerakan bursa saham global tidak menentu.

 

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement