Ahad 19 Jun 2016 18:05 WIB

BRISat untuk Rakyat Indonesia

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Andi Nur Aminah
Roket Ariane 5 yang membawa BRIsat, diluncurkan dari fasilitas antariksa Arianespace, Kourou, Guyana Perancis, Sabtu (18/6).
Foto: Antara/Ismar Patrizki
Roket Ariane 5 yang membawa BRIsat, diluncurkan dari fasilitas antariksa Arianespace, Kourou, Guyana Perancis, Sabtu (18/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keberadaan satelit BRI (BRISat) dan teknologi yang ada, membuat masyarakat di pelosok negeri kian bisa dijangkau. Dengan demikian, inklusi keuangan pun diharapkan bisa lebih cepat tercapai.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Konsultan Kementerian BUMN, Gatot Trihargo, menyatakan Kementerian BUMN bersyukur atas keberhasilan peluncuran BRISat. Adanya satelit BRI ini memungkinkan BRI dengan teknologi dan inovasi yang dimiliki, memungkinkan lebih cepat menjangkau nasabah di pelosok dengan biaya terjangkau dan mempercepat program keuangan inklusif yang digalakan OJK. Gatot menilai BRISat ditujukan untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.

"Dengan BRISat, BRI bercita-cita menjadi the most valuable bank di Indonesia dan memiliki posisi yang kuat di ASEAN,'' ungkap Direktur Konsumer BRI Sis Apik Wijayanto, Ahad (19/6).

Sabtu sore, 18 Juni 2016 waktu Kourou, Guyana Prancis atau Sabtu dini hari, 18 Juni 2016 waktu Indonesia, satelit milik BRI (BRIsat) sukses diluncurkan ke orbitnya. Peluncuran ini setelah sebelumnya sempat dua kali tertunda akibat kendala teknis di roket peluncur Ariane 5.

"Dilandasi tujuan mulia untuk memberikan layanan jasa perbankan terbaik bagi rakyat Indonesia, alhamdulillah peluncuran BRISat dapat berjalan sesuai rencana," ungkap Direktur Utama BRI Asmawi Syam dalam siaran resmi kepada media.

Sejak 14 Juni lalu, Tim BRIsat yang dipimpin langsung oleh Asmawi sudah berada di titik peluncuran untuk memantau langsung persiapan hingga hari pelaksanaan peluncuran BRISat. Selain karyawan BRI, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Komisaris Utama BRI Mustafa Abubakar, Wakil Direktur Utama BRI Sunarso beserta jajaran Direksi dan komisaris BRI juga turut menyaksikan siaran langsung peluncuran BRISat di Rumah Dinas Wakil Presiden RI.

Sekretaris Perusahaan BRI Hari Siaga Amijarso menyampaikan, peluncuran BRIsat ini merupakan momen membanggakan bagi BRI dan rakyat Indonesia. Bobot sejarahnya pun mengingatkan pada peluncuran Satelit Palapa pada 1976. "Satelit Palapa yang diluncurkan pada 1976 merupakan satelit pertama yang dimiliki oleh rakyat Indonesia, maka BRIsat merupakan satelit pertama dan satu-satunya yang dimiliki dan dioperasikan sendiri oleh Bank milik rakyat Indonesia, Bank BRI," ungkap Hari.

Hari menyampaikan terima kasih BRI atas doa dan dukungan seluruh rakyat Indonesia sehingga BRISat sukses diluncurkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement