Jumat 27 May 2016 14:57 WIB

Impor Bawang Merah Tunggu Reaksi Pasar

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Nur Aini
Pekerja memeriksa bawang merah yang dikeringkan di Gudang Bulog Divre Jakarta, Senin (16/5).  (Republika / Wihdan )
Foto: Republika/ Wihdan
Pekerja memeriksa bawang merah yang dikeringkan di Gudang Bulog Divre Jakarta, Senin (16/5). (Republika / Wihdan )

REPUBLIKA.CO.ID,‎ JAKARTA -- Pemerintah berencana melakukan impor bawang merah 2.500-5.000 ton. Hal ini dilakukan untuk menstabilkan harga bawang merah yang cukup tinggi. Meski demikian, pemerintah masih melihat reaksi pasar setelah Bulog melakukan operasi pasar.

‎Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian Musdhalifah Machmud mengatakan, saat ini Perum Bulog sedang melakukan operasi pasar untuk menstabilkan harga. Sekitar 1.000 ton bawang merah telah disebarkan oleh Bulog.

"Bulog kan masih ada suplai. Jadi mereka turunkan bawang untuk menekan harga. Ini akan dijual Rp 20 ribu-25 ribu per kg," ujar Musdhalifah di kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Jumat (27/5).

Setelah melakukan operasi pasar, jika harga bawang merah masih tinggi atau bahkan tidak turun ke kisaran harga Rp 20-25 ribu, maka pemerintah baru mengimpor bawang merah guna menjaga harga tersebut.

Menurut Musdhalifah, impor bawang merah ini memang memungkinkan. Apalagi pada saat Ramadhan masyarakat diharap bisa menikmati kebahagiaan tanpa terbenani peningkatan harga pangan seperti bawang merah dan daging sapi. "‎Kita akan coba agar rakyat senang di bulan ini (Ramadhan)," ujarnya.

Sementara untuk impor daging, Musdhalifah menyebut bahwa ‎pemerintah sudah melakukannya. Daging ini juga akan akan disebar melalui Bulog melalui operasi pasar. Harapannya operasi ini bisa sesuai keinginan pemerintah di kisaran harga Rp 80-85 ribu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement