Selasa 24 May 2016 17:19 WIB

Laku Pandai 'Bisa' Upaya Tingkatkan Literasi Sistem Keuangan

Dirut BJB Ahmad Irfan (tengah) didampingi Wagub Jabar Deddy Mizwar berserta pihak terkait lainnya melauncing layanan Laku Pandai BJB BiSA di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (24/5).  (Republika/Edi Yusuf)
Foto: Republika/ Edi Yusuf
Dirut BJB Ahmad Irfan (tengah) didampingi Wagub Jabar Deddy Mizwar berserta pihak terkait lainnya melauncing layanan Laku Pandai BJB BiSA di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (24/5). (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Ketua Auditoer/ Dewan Komisaris Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ilya Avianti menyatakan bahwa layanan Laku Pandai Bisa itu menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan literasi sistem keuangan kepada masyarakat sekaligus menembus hambatan yang menjadi kendala akses perbankan.

"Kabupaten Garut merupakan daerah yang literasi akses keuangannya terendah di Jawa Barat. Sehingga menjadi fokus dari Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Jabar," kata Ilya disela peluncurkan Laku Pandai 'Bisa' Bank BJB.

Ia menyebutkan, kurangnya akses keuangan itu tak hanya karena lokasinya jauh atau terpencil, tapi bisa jadi akibat kurangnya informasi yang diperoleh perbankan terhadap daerah itu. Oleh karena itu TPAKD Jabar mendorong perbankan untuk terjun dan melakuka riset di daerah itu. Salah satunya program Laku Pandai.

"Melalui program itu maka perbankan lebih didekatkan ke daerah, kami dorong perbankan untuk melakukan riset dan jemput bola," kata Ilya Avianti menambahkan.

Sementara itu Wakil Gubernur Jabar H Deddy Mizwar berharap layanan Laku Pandai BJB Bisa dapat meningkatkan akses keuangan masyarakat serta menambah literasi keuangan masyarakat terhadap lembaga keuangan.

"Saya harapkan nanti literasi keuangan masyarakat Garut meningkat. Laku Pandai BJB Bisa hadir tak hanya ada tapi juga bisa efektif menembus hambatan akses keuangan masyarakat di sini," kata Wagub Jabar itu menambahkan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement