Selasa 10 May 2016 16:58 WIB

Kemenhub: Empat Maskapai Nasional Berkinerja Negatif

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Nidia Zuraya
Ilustrasi penerbangan
Ilustrasi penerbangan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan hasil penyampaian laporan kinerja maskapai tahun 2015.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Suprasetyo menjelaskan, hingga 4 Mei 2016, dari 61 maskapai yang terdaftar, baru 45 maskapai yang telah menyampaikan laporan keuangan 2015 dan telah diaudit. Ke-45 maskapai tersebut terdiri dari 14 maskapai dengan penerbangan berjadwal dan 31 maskapai dengan penerbangan tidak berjadwal.

Ia membeberkan, dari laporan yang masuk, tercatat 41 maskapai memiliki laporan keuangan dengan ekuitas yang positif, yang terdiri 12 maskapai berjadwal dan 29 maskapai tidak berjadwal.

Sementara empat maskapai yang memiliki kinerja keuangan dengan ekuitas negatif terdiri dari dua maskapai berjadwal yakni PT Indonesia Air Asia dan PT ASI Pujiastuti Aviation, serta dua maskapai tidak berjadwal yakni PT Asialink Cargo Airlines dan PT ASI Pujiastuti Aviation.

"Untuk 16 maskapai yang belum menyampaikan laporan keuangannya, 12 diantaranya telah mengajukan permohonan perpanjangan waktu karena masih dalam proses audit oleh kantor akuntan publik," ujarnya dalam jumpa pers tentang hasil laporan keuangan maskapai di Kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (10/5).

Ke-16 Maskapai tersebut terdiri dari tiga maskapai penerbangan berjadwal dan 13 maskapai tidak berjadwal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement