Jumat 29 Apr 2016 15:06 WIB

Industri Otomotif Butuh Pengembangan Sumber Daya Manusia

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
ilustrasi kegiatan di industri otomotif.
Foto: (FOTO ANTARA/Rosa Panggabean )
ilustrasi kegiatan di industri otomotif.

REPUBLIKA.CO.ID, CIBITUNG -- Ketua Komite Tetap Bidang Industri dan Pemberdayaan Daerah Kadin Indonesia I Made Dana Tangkas mengatakan, industri otomotif dalam negeri membutuhkan pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Untuk memenuhi hal tersebut, perlu dibuat sebuah learning center atau akademi khusus otomotif.

"Tindak lanjutnya nanti adalah membangun instituti otomotif di Indonesia," ujar Made dalam Focus Group Discussion Forum Wartawan Industri di Cibitung, Jumat (29/4).

Made menjelaskan, institut otomotif tersebut nantinya diharapkan tidak hanya mencetak tenaga kerja saja namun juga menyiapkan kompetensi dan sertifikasinya. Dengan demikian, tenaga kerja di sektor industri otomotif bisa bersaing dengan negara lain terutama di ASEAN. Melalui institut otomotif ini, diharapkan struktur industri otomotif Indonesia makin kuat dan memiliki daya saing yang mumpuni.

Selain itu, Indonesia juga perlu membangun fasilitas testing dan evaluasi untuk industri komponen otomotif. Sehingga, industri komponen bisa langsung mencocokkan produknya dengan kebutuhan industri otomotif nasional. Dengan tersedianya fasilitas tersebut, maka industri proses produksi industri otomotif bisa terintegrasi secara penuh di dalam negeri.

"Ini merupakan usulan rencana jangka pendek, agar bisa segera dijalankan dan dirasakan dampaknya oleh industri otomotif," kata Made.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement