Jumat 29 Apr 2016 14:07 WIB

Visa Siapkan Teknologi Pembayaran Terbaru untuk Olimpiade Rio 2016

Kartu kredit VISA
Foto: AP/Patrick Semansky
Kartu kredit VISA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Visa menyiapkan teknologi pembayaran terbaru untuk Olimpiade Rio 2016. Menginjak tahun yang ke-30, tahun ini Visa akan menempatkan 4,000 terminal point-of-sale (POS) di setiap lokasi penting, serta menempatkan 11 ATM yang merupakan hasil kerja sama dengan Bradesco.

Visa mengelola seluruh jaringan dan infrastruktur sistem pembayaran seluruh lokasi acara, dari stadium, pusat layanan pers, POS, Olympic Village, hingga Olympic Superstores. Untuk memperluas cakupan sponsor, Visa juga memfasilitasi pengembangan infrastrukstur pembayaran di negara negara kota tuan rumah acara Olimpiade.

Tahun ini, Visa akan memperkenalkan teknologi dan inovasi terbarunya di seluruh Rio, yaitu sistem pembayaran menggunakan telepon seluler dan payment wearables (aksesoris yang berfungsi sebagai alat pembayaran). Dengan fitur ini, transaksi pembayaran dapat dilakukan hanya dengan menggesek, menempelkan, dan memasukkan kartu, atau hanya sekedar mengklik tombol.

“Visa senantiasa menyediakan teknologi pembayaran yang universal, teraman, dan tercepat untuk semua merchant di berbagai negara dan untuk segala jenis mata uang,” ujar Executive Vice President of Innovation and Strategic Partnerships Visa Inc Jim McCarthy.

Berdasarkan trend Olimpiade dimasa lalu, Visa memperkirakan Brazil akan dikunjungi sekitar 400 ribu hingga 500 ribu pelancong internasional pada bulan Agustus mendatang. Data yang diperoleh Visa menunjukkan bahwa jumlah perkiraan wisatawan yang datang ke Brazil tahun ini akan meningkat sebesar 1,2 juta wisatawan, jumlah yang lebih besar dibandingkan rata-rata wisatawan yang datang pada tahun 2010-2015.

Berdasarkan prediksi dari data Olimpiade sebelumnya, jumlah pengeluaran wisatawan yang masuk ke Brazil diperkirakan akan mengalami peningkatan. Pada saat Olimpiade London 2012, rata-rata pengeluaran satu wisatawan internasional adalah sebanyak 1.830 dolar AS atau dua kali lipat dari pengeluaran wisatawan reguler yang datang ke Inggris pada tahun 2012.

“Lebih dari 200 negara, 10,000 atlet, keluarga, kerabat, dan penggemar mereka akan berkumpul di Rio musim panas ini untuk menikmati acara perayaan olahraga dan atletik internasional ini. Visa sangat senang sudah menjadi bagian dari perjalanan ini," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement