Rabu 06 Apr 2016 15:44 WIB

Investor Kawasan Industri Diminta Kerja Sama dengan Pemda

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Kepala BKPM Franky Sibarani.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Kepala BKPM Franky Sibarani.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mengatakan, pemerintah akan membuat aturan untuk mendorong pemerintah daerah (pemda) agar bekerja sama dengan investor kawasan industri. Hal ini untuk mempermudah investor dalam memperoleh lahan dan memanfaatkan lahan di masing-masing daerah.

Franky menjelaskan, melalui kerja sama tersebut investor asing di bidang pengelolaan kawasan industri akan menarik investasi manufaktur yang berasal dari negara sama karena memiliki faktor kepercayaan. Dengan demikian, kerja sama ini dapat bermanfaat untuk menjaring investasi dari negara-negara lain dan meningkatkan perekonomian daerah.

"Kami sedang bicarakan dengan presiden, bagaimana caranya nanti pemda bisa kerja sama dengan pemilik modal asing (PMA) untuk menjaring investasi," ujar Franky di Jakarta, Rabu (6/4).

Franky menambahkan, kerja sama ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Pemda bisa membantu membebaskan lahan, sedangkan investor pengembang asing dapat menarik tenant untuk berinvestasi di kawasan tersebut dan meningkatkan perekonomian di daerah setempat. 

Namun, Franky belum menjelaskan lebih detail terkait skema kerja sama itu karena masih dalam tahap pembahasan."Belum tahu apakah nanti bentuknya joint venture atau bagaimana, masih perlu pembahasan lebih lanjut," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement