Ahad 03 Apr 2016 06:30 WIB

Bazar Jadi Sarana Efektif Promosi Produk UMKM

Red: Nur Aini
Bazar (ilustrasi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Bazar (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,MEDAN -- Mengikutkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam berbagai bazar mau pun pameran dinilai sebagai media yang cukup ampuh untuk lebih memperkenalkan produksi usaha kecil itu kepada masyarakat luas.

Kepala Dinas Koperasi (Diskop) dan UMKM Kota Medan Arjuna Sembiring mengatakan, pihaknya selalu berusaha mengikutkan pelaku UMKM di berbagai kegiatan bazar mau pun pameran. Bukan hanya di seputaran Kota Medan, namun juga ke berbagai daerah, dengan harapan berbagai produk yang dihasilkan oleh UMKM lebih dikenal dan tersebar luas. Itu sengaja dilakukan, mengingat selama ini salah satu kelemahan UMKM adalah lemah dalam berpromosi, meski sebenarnya produk yang dihasilkan kualitasnya sudah cukup baik.

"Ternyata dari penelitian yang kita lakukan, bazar dan pameran itu cukup ampuh dalam upaya lebih mengenalkan produksi UMKM kepada masyarakat. Selain itu pelaku UMKM juga dapat bertukar informasi selama bazar berlangsung," katanya di Medan, Sabtu (2/4).

Bertukar informasi, maksudnya, pelaku UMKM selama acara berlangsung dapat menggali berbagai masukan dari sesama pelaku UMKM mau pun masyarakat. Misalnya, kata dia, ada masukan dari masyarakat mengenai kemasan produk yang dihasilkan agar didesain semenarik mungkin yang dapat memancing rasa keingintahuan masyarakat untuk mencobanya. Artinya, inovasi dan kreasi mutlak sangat dibutuhkan sehingga produksi yang dihasilkan dapat bersaing dengan produk-produk pabrikan, apalagi dalam upaya menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Kepercayaan masyarakat harus terus dijaga, diantaranya dengan produk yang berkualitas dan terjamin," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement