Rabu 30 Mar 2016 10:03 WIB

Anak Usaha KAI Tingkatkan Okupansi Angkutan Semen Baturaja

Rep: Muhammad Nursyamsyi / Red: Nur Aini
Pabrik Semen Baturaja
Foto: Antara
Pabrik Semen Baturaja

REPUBLIKA.CO.ID,‎ JAKARTA -- PT Kereta Api Logistik (Kalog), anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengambil langkah strategis untuk mendorong bisnis perusahaan melalui peningkatan okupansi angkutan semen Baturaja menjadi 800 ton yang dijalankan mulai 22 Maret 2016.

Direktur Operasi dan Pemasaran Kalog, Sugeng Priyono mengatakan hal ini sejalan dengan meningkatnya permintaan produksi semen sebagai dampak berkembangnya industri properti serta pembangunan infrastruktur nasional.

"Angkutan semen Baturaja telah dilayani perusahaan sejak tahun 2015 dengan relasi Tiga Gajah-Kertapati, Sumatera Selatan yang dijalankan bersama dengan rangkaian KA Klinker," ujarnya, Rabu (30/3).

Pada awal pendistribusian, volume angkutan yang dilayani hanya 80 ton stamformasi 2 Gerbong Datar (GD). Selanjutnya volume ditingkatkan menjadi 280 ton stamformasi 7 GD setiap dua hari sekali dan kini ditingkatkan kembali menjadi 800 ton per hari atau setara dengan 20 GD, yang di bagi menjadi dua perjalanan masing-masing 10 GD yang diikutkan dengan KA Klinker rangkaian 20 GD

Sugeng menjelaskan peningkatan volume tersebut membuktikan angkutan berbasis KA telah menjadi alternatif moda pilihan yang menawarkan keunggulan khususnya pada efisiensi daya angkut dan waktu pengiriman.

Ke depan, Kalog berkomitmen secara konsisten mendorong kelancaran sistem logistik nasional, tapi salah satunya melalui pengalihan moda angkutan dari truck ke kereta api sekaligus mengurangi beban jalan raya.

"Peningkatan okupansi angkutan semen Baturaja juga memberikan kontribusi bagi perkembangan pada lini bisnis angkutan non kontainer (komoditas industri)," ungkapnya.

Sepanjang tahun lalu, Kalog melayani volume semen lebih dari 1,6 juta ton semen dan menyumbang hampir 50 persen dari total pendapatan 2015. Komitmen sinergi kerjasama KALOG dan PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. dituangkan melalui Perjanjian kerjasama tentang angkutan semen pada Agustus 2015.

Saat ini, Kalog melayani tiga produsen semen di Indonesia, dengan wilayah operasi Sumatera Selatan untuk semen Baturaja dan pulau Jawa untuk 2 produsen semen lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement