Rabu 16 Mar 2016 11:46 WIB

PTSP Batam Terbaik di Indonesia

Batam. Ilustrasi
Foto: humasbatam.com
Batam. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Batam, Kepulauan Riau, dinobatkan sebagai yang terbaik se-Indonesia dalam hal inovasi penyederhanaan dan percepatan

perizinan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB). Batam menyisihkan 456 kabupaten/kota lain yang mengikuti penilaian oleh Kementerian PAN RB itu.

"Ini adalah kabar baik, dengan penghargaan ini, mudah-mudahan pelayanan perizinan di Batam menjadi lebih baik lagi," kata Kepala Bagian Humas Pemkot Batam Ardiwinata di Batam, Rabu (16/3).

Ardi menjelaskan penetapan juara itu didapatkan setelah tim dari Badan Penanaman Modal-PTSP melakukan presentasi atas berbagai inovasi yang dilakukan untuk mempermudah perizinan. "Sesuai dengan perintah Presiden, perizinan dipangkas. Kalau memang persyaratan lengkap maka dalam hitungan jam sudah selesai," katanya.

Terpisah, Kepala BPM-PTSP Kota Batam Gustian Riau menyatakan penilaian dilakukan oleh tim akademisi yang berasal dari tujuh universitas terkemuka di Indonesia. Selain berdasarkan presentasi, penilaian juga dilakukan langsung oleh tim yang datang melihat pelayanan PTSP secara diam-diam.

"Jadi, penilaiannya independen. Kami tidak tahu kapan mereka melakukan penilaian," katanya.

Gustian menjelaskan beberapa terobosan yang dilakukan demi memudahkan pemberian izin usaha dan izin-izin lainnya, antara lain mempercepat Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA), Surat Izin Usaha Perdagangan, Tanda Daftar Perusahaan (SIUP TDP), dan mengirimkan formulir perizinan melalui jasa kurir.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement